Sukses

Anjlok Parah, Harta Bos Teknologi Dunia Hilang Hingga Ratusan Triliun Rupiah

Miliarder Elon Musk dan Mark Zuckerberg juga mengalami penurunan harta, masing-masing senilai USD 8,5 miliar dan USD 4,2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Para miliarder atau orang terkaya di dunia dari bidang teknologi, pekan ini kehilangan total harta hingga mencapai USD 44 miliar atau setara Rp 649,2 triliun.

Sementara itu, menurut laporan Bloomberg Billionaire Index, CEO Amazon Jeff Bezos menderita penurunan harta terbesar senilai USD 9 miliar. (kurs: 1 USD: Rp 14.753)

Seperti dilansir dari laman Business Insider, Minggu (6/9/2020), kekayaan 10 miliarder teknologi terkaya di dunia menurun hingga total USD 44 miliar.

Elon Musk dan CEO Facebook Mark Zuckerberg juga mengalami penurunan harta, masing-masing senilai USD 8,5 miliar dan USD 4,2 miliar.

Tak ketinggalan, pendiri Microsoft Bill Gates juga harus mengalami penurunan total harta senilai USD 2,9 miliar. Musk, Zuckerberg dan Gates sebenarnya ada seorang triliuner dengan jumlah harta masing-masing sedikitnya bernilai USD 100 miliar.

Artinya, seluruh miliarder tersebut hanya kehilangan potongan kecil saja dari seluruh total kekayaannya. Contohnya saja, Bezos, harta USD 9 miliar hanya setara 4,5 persen dari seluruh kekayaan yang dimilikinya.

Penurunan ini terjadi justru setelah awal yang sangat kuat di 2020 bagi para perusahaan teknologi. Pasalnya, sejak pandemi corona, hampir seluruh konsumen di dunia beralih ke retailer dan jasa darirng.

Pasarnya terus berkembang pesat Tapi kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan tersebut akan mengalami valuasi yang terlalu luas justru memicu aksi jual besar-besaran di sektor teknologi pekan ini. Hingga nilai saham asing turun hingga 740 poin Kamis lalu.

Hebatnya, meski mengalami kerugian dalam jumlah besar, 10 miliarder terkaya di bidang teknologi trsebut masih memiliki total USD 830 miliar harta jika dijumlahkan bersama.

Bahkan mantan istri Bezos, MacKenzie Scott turut mengalami penurunan kekayaan senilai USD 3,2 miliar. Ia tercatat sebagai wanita terkaya dunia setelah perceraiannya dengan Bezos pada 2019.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dulu Gelandangan, Pengusaha Studio Ini Jadi Miliarder Berharta Rp 20 Triliun

Satu lagi sosok miliarder yang mampu meraih sukses dari keringat sendiri. Tyler Perry merupakan pengusaha studio, yang dibesarkan dalam kemiskinan di New Orleans, Amerika.

Dia mengalami putus sekolah dan sempat menjadi tunawisma saat berjuang sebagai penulis drama. "Saya suka ketika orang mengatakan Anda berasal dari awal yang sederhana," kata dia kepada Forbes seperti mengutip CNN, Kamis (3/9/2020).

Kini banyak hal telah berubah dari hidup pria kelahiran 13 September 1969 ini. Kariernya dimulai dari menulis drama yang kemudian bisa membawanya menjadi seorang bintang.

Dia pun pada akhirnya menjadi maestro media. Hingga menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang memiliki studio secara mandiri. “Kepemilikan mengubah segalanya,” ucap Perry.

Studio tersebut yang kemudian memberikan pundi kekayaan bagi Perry. Mulai dari lampu hingga set semua harta miliknya, kini memberikan penghasilan besar bagi Perry.

Kerja kerasnya membawa Perry masuk dalam daftar miliarder dunia yang dikeluarkan Forbes. Kekayaan pria ini dilaporkan mencapai lebih dari USD 1,4 miliar (Rp 20,4 triliun) sebelum pajak sejak 2005.

Perry memiliki properti senilai USD 30 juta di Atlanta sejak 2015. Dia pun menghabiskan USD 250 juta untuk membangun studio di wilayah tersebut.

Perry menjadi orang kulit hitam pemilik studio di tanah Fort McPherson, yang pernah menjadi benteng militer Konfederasi. Keberadaan studio ini yang jadi sumber kekayaannya.

"Saya pemilik lampu. Saya yang memiliki set. Jadi di situlah perbedaannya. Karena saya memiliki segalanya, keuntungan saya lebih tinggi," dia menandaskan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya