Sukses

Puan Prediksi Target Pertumbuhan Ekonomi 2021 Bisa Tercapai, Tapi Ada Syarat

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pemerintah telah memproyeksikan perekonomian nasional pada 2021 mendatang dapat tumbuh pada kisaran 4,5-5,5 persen.

Menurut Puan, prediksi pertumbuhan ekonomi tersebut hanya bisa tercapai jika berbagai program pemulihan ekonomi dan sosial yang dicanangkan pemerintah saat ini berjalan dengan baik.

"Pulihnya perekonomian nasional tersebut hanya akan dapat terwujud apabila program pemulihan ekonomi dan sosial yang diselenggarakan pemerintah pada tahun ini berjalan dengan baik, konsisten, tepat sasaran dan tepat manfaat," kata Puan Maharani pada acara Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RAPBN 2021 beserta Nota Keuangannya di Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Untuk perbandingan, angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) merosot -5,32 persen. Hasil tersebut menempatkan Indonesia berada di jurang resesi jika ekonominya kembali tumbuh negatif pada kuartal ketiga tahun ini.

Sebagai catatan, pencapaian itu tercatat lebih buruk daripada proyeksi pemerintah sebelumnya, yang menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya minus 4,3 persen.

Lebih lanjut, Puan menyampaikan, pemerintah juga harus jeli dalam menyusun APBN 2021. Sebab, perekonomian global dan nasional saat ini sedang tidak menentu akibat kondisi pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu, pemerintah agar dapat memperhitungkan secara cermat berbagai kemungkinan dalam mengantisipasi ketidakpastian di masa yang akan datang, serta menyediakan ruang fiskal yang antisipatif sehingga APBN 2021 dapat berjalan dengan efektif," imbuh Puan Maharani.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: