Sukses

Top 3: Veronica Koman Diminta Kembalikan Beasiswa LPDP Rp 773,87 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan meminta Veronica Koman mengembalikan beasiswa LPDP yang sempat diterimanya saat menempuh jenjang pendidikan di Australia.

Veronica Koman dianggap tak mematuhi ketentuan untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi. Adapun jumlah dana beasiswa yang ditagih pemerintah kepada Veronica mencapai Rp 773,87 juta.

Artikel mengenai kasus Veronica Koman ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat 14 Agustus 2020:

1. Veronica Koman Diminta Kembalikan Beasiswa LPDP Rp 773,87 Juta

Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan meminta Veronica Koman mengembalikan beasiswa LPDP yang sempat diterimanya saat menempuh jenjang pendidikan di Australia.

Veronica Koman dianggap tak mematuhi ketentuan untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi. Adapun jumlah dana beasiswa yang ditagih pemerintah kepada Veronica mencapai Rp 773,87 juta.

“Pada tanggal 24 Oktober 2019 telah diterbitkan Surat Keputusan Direktur Utama tentang Sanksi Pengembalian Dana Beasiswa LPDP sebesar Rp. 773.876.918. Kemudian pada tanggal 22 November 2019, telah diterbitkan Surat Penagihan Pertama kepada VKL. Pada tanggal 15 Februari 2020, VKL mengajukan Metode Pengembalian Dana Beasiswa dengan cicilan 12 kali,” mengutip keterangan tertulis LPDP, Jumat (13/8/2020).

Dalam catatan LPDP, cicilan pertama telah disampaikan ke kas negara pada April 2020 sebesar Rp 64.500.000.

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Puluhan Mobil BI Dilelang, Ada Toyota Crown Seharga Rp 188 Juta

Anda tengah mencari mobil bekas dengan harga terjangkau? Coba tengok laman lelang.go.id yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Situs ini menampilkan berbagai macam barang yang dilelang oleh kementerian dan lembaga di seluruh Indonesia. Barang tersebut antara lain tanah rumah, kendaraan, elektronik bahkan besi tua.

Dikutip dari laman lelang.go.id, Kamis (13/8/2020), beberapa barang yang dilelang saat ini adalah mobil milik Bank Indonesia (BI). Melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I, BI akan mengadakan penjualan secara umum atau lelang Non eksekusi wajib dengan penawaran secara tertutup (closed bidding).

Terdapat puluhan mobil yang akan dilelang salah satunya adalah Toyota Crown tahun 2010 dengan nomor pelat B 1364 PQA. Nilai limit dari mobil ini adalah Rp 188 juta.

3 dari 3 halaman

3. Orang Kaya Lebih Suka Simpan Uang Dibanding Belanja saat Pandemi

Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, masyarakat berpenghasilan menengah ke atas lebih suka menyimpan uang dari pada belanja selama pandemi Virus Corona. Padahal belanja diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Masyarajat menengah ke atas masih pelit belanja, dia hanya belanja seperlunya baik karena takut keluar dari rumah atau hal lain. Bahan pokok dibelanjakan cukup. Menengah ke atas cukup membatasi mereka juga menjaga cadangan keuangannya," ujarnya, Kamis (13/8).

Enggar mengatakan, kecenderungan menyimpan dana tersebut terlihat dari peningkatan simpanan Dana Pihak Ketiga (DPK) diperbankan. Beberapa bank mencatat terjadi pertumbuhan positif pada DPK selama pandemi Virus Corona.

"Ini tercermin peningkatan dana pihak ketiga yang tumbuh secara positif di perbankan karena mereka berpikir lebih baik menyimpan dana yang dimiliki ke sana," paparnya.

Baca artikel selengkapnya di sini