Sukses

Mau Sukses Atur Duit Pribadi, Begini 5 Tips Mengelolanya

Luangkan waktu yang Anda miliki untuk menulis dengan spesifik tujuan keuangan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sudah bekerja tentunya tidak mudah untuk mengatur keuangan pribadi, karena terdapat ego di mana selalu ingin membeli barang.

Walaupun tidak sering dalam membeli barang yang diinginkan, jika dihitung pastinya akan terasa banyak. Namun jika tidak sesegera mungkin untuk memperbaiki keuangan, maka kapan lagi akan melakukannya?

Dilansir dari thebalance, Rabu (11/8/2020) berikut 5 kunci sukses dalam mengelola keuangan pribadi yang bisa Anda terapkan:

1. Detailkan tujuan keuangan

Luangkan waktu yang Anda miliki untuk menulis dengan spesifik tujuan keuangan jangka panjang. Setelah itu tetapkanlah prioritas yang ingin Anda capai terlebih dahulu.

Anda bisa membuat spesifikasi dengan cara membedakan capaian antara jangka panjang seperti membeli rumah, dana pensiun, dan lain sebagainya dan capaian jangka pendek seperti membeli barang untuk menghadiahkan diri sendiri.

Dengan melakukan hal tersebut maka akn memengaruhi bagaimana Anda merencanakan keuangan.

2. Selesaikan rencana

Rencana harus memiliki beberapa Langkah untuk mencapainya. Contoh membuat anggaran bulanan, rencana pengeluaran, dan jangan berhutang. Setelah menyelesaikannya baru mengikuti atau membuat rencana baru untuk bulan selanjutnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buat dan patuhi anggaran

Anggaran yang sudah Anda buat adalah alat terbesar yang akan membuat sukses secara finansial, karena dapat mengalokasikan uang dengan benar sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Lunasi utang

Utang adalah salah satu hambatan besar bagi banyak orang dalam mencapai tujuan keuangan. Sehingga utang harus menjadi prioritas agar dapat melunasinya dengan cepat. Jika utang yang Anda miliki sudah habis maka berkomitmenlah pada diri sendiri untuk tidak berutang lagi.

5. Jangan takut untuk meminta nasihat

Bicarakan dengan seorang perencana keuangan untuk membantu Anda membuat keputusan investasi yang bijak dan benar, jangan sampai salah untuk mengambil Langkah.

Penasihat yang baik akan berbagi risiko terhadap langkah yang akan Anda ambil.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.