Sukses

Kereta Api Rangkasbitung-Merak Beroperasi, Cek Jadwalnya

Kereta api wilayah Jabodetabek menuju Merak, akan kembali tersambung dengan beroperasinya kereta api lokal jurusan Rangkasbitung-Merak.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api wilayah Jabodetabek menuju Merak, akan kembali tersambung dengan beroperasinya kereta api lokal jurusan Rangkasbitung-Merak. Dimana, wilayah Jabodetabek sudah terhubung dengan commuter line, dari wilayah Jakarta jika ingin ke Merak, bisa turun di Stasiun Rangkasbitung, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kota Serang, Kota Cilegon hingga berakhir di Pelabuhan Merak.

"Setelah dilakukan evaluasi terhadap pelayanan Kereta Api (KA) lokal di era adaptasi kebiasaan baru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan kembali mengoperasi KA Lokal Merak-Rangkasbitung yang mulai beroperasi pada 11 Agustus 2020," kata Kepala Humas KAI Daops 1 Jakarta, Eva Chaerunisa, dalam siaran persnya, Jumat (07/08/2020).

Berbagai persyaratan pun diberlakukan PT KAI Daops 1 Jakarta bagi calon penumpang, seperti suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celcius, wajib menggunakan masker, tidak sedang demam, flu, batuk, hingga disarankan mengenakan pakaian lengan panjang.

Kapasitas penumpang di dalam gerbong pun dibatasi, maksimal hanya 75 persen saja. Dimana saat kondisi normal, kapasitas kereta api jurusan Rangkasbitung-Merak mencapai 150 persen. Begitupun jam operasionalnya, dibatasi.

"Pengoperasian KA lokal ini tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang," terangnya.

Calon penumpang disarankan membeli tiket melalui online di aplikasi KAI Access yang bisa dilakukan tujuh hari sebelum keberangkatan, sehingga mengurangi antrian atau penumpukkan calon penumpang di stasiun. Meski begitu, tetap dibuka pembelian tiket di setiap stasiun.

"Normalnya KA lokal Merak beroperasi 12 perjalanan setiap harinya. Kini pada pengoperasian di masa era adaptasi kebiasaan baru KA lokal Merak untuk sementara baru melayani delapan perjalanan setiap hari," jelasnya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Keberangkatan

Berikut Jadwal 8 Perjalanan KA Lokal Merak relasi Merak - Rangkasbitung :

- KA 488 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 07.50 WIB

- KA 489 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 10.20 WIB

- KA 492 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 15.50 WIB

- KA 493 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung)keberangkatan 18.25 WIB

- KA 487 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung)keberangkatan 07.40 WIB

- KA 490Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 12.55 WIB

- KA 491Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 15.50 WIB

- KA 494 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 18.25 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.