Sukses

8 Negara Masuk Jurang Resesi, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ancaman coronavirus diseae-19 (covid-19) tak hanya berhenti pada kesehatan manusia. Tetapi juga menginfeksi ekonomi global. Hampir semua negara melaporkan penurunan ekonomi akibat virus ini. Bahkan beberapa negara maju telah masuk ke jurang resesi karena pertumbuhan ekonominya minus dua kali berturut-turut.

Dalam situasi terburuk, kondisi itu bisa menuju pada resesi. Indikatornya adalah penurunan pada Produk Domestik Bruto (PDB), merosotnya pendapatan riil, jumlah lapangan kerja, penjualan ritel, dan terpuruknya industri manufaktur.

Berikut ini daftar negara yang mengalami resesi akibat pandemi covid-19:

1. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini dinyatakan mengalami resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonominya pada kuartal II 2020 minus hingga 41,2 persen karena hantaman pandemi Covid-19.

2. Korea Selatan

Setelah Singapura, Korea Selatan juga menyusul masuk dalam resesi ekonomi. Negara dengan perekonomian terbesar keempat Asia itu mengalami penyusutan ekonomi sebesar 3,3 persen pada kuartal II 2020.

3. Hong Kong

Pandemi Covid-19 membuat Hong Kong masuk dalam daftar resesi ekonomi lebih dalam setelah pada kuartal II 2020, ekonomi Hong Kong mencapai minus 9 persen.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Jepang

Jepang menjadi negara Asia berikutnya yang terjerat resesi ekonomi. epang tak luput dari ancaman jurang resesi ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi Jepang dilaporkan minus 3,4 persen pada periode Januari-Maret 2020. Meski tak memberlakukan penguncian berskala nasional, namun Negeri Matahari Terbit itu mengumumkan kondisi darurat pada April 2020 dan berdampak buruk bagi bisnis Jepang.

5. Amerika Serikat (AS)

Negara adidaya Amerika Serikat juga juga tak luput dari badai resesi. Pertumbuhan ekonomi negara ini anjlok mencapai 32,9 persen pada kuartal II 2020.

6. Jerman

Di benua Eropa, Jerman menjadi negara yang masuk dalam resesi ekonomi, di mana pada kuartal II 2020 pertumbuhan ekonominya minus 10,1 persen.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Prancis

Pertumbuhan ekonomi Prancis menurun sangat drastis pada kuartal II 2020. Prancis mengalami resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi mencapai minus 5,8 persen.

8. Italia

Perekonomian Italia semakin memburuk akibat pandemi Covid-19 karena pada kuartal II 2020 pertumbuhan ekonomi negara ini minus 4,7 persen.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: