Sukses

Hingga Akhir Juni 2020, BTN Sudah Restrukturisasi Kredit 230 Ribu Nasabah

BTN telah melakukan restrukturisasi kredit kepada 230 ribu nasabah

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk (Persero) Pahala Nugraha Mansury, mengatakan pihaknya telah melakukan restrukturisasi kredit kepada 230 ribu nasabah hingga akhir Juni 2020. Adapun nilai restrukturisasi tersebut sekitar Rp 36,4 triliun.

"Saat ini sudah dilakukan restrukturisasi ke 230 ribu nasabah, dari berbagai segmen. Yang paling banyak untuk KPR. Jadi sampai akhir Juni, sudah dilakukan restrukturisasi terhadap 230 ribu nasabah," ujar Pahala di Jakarta, Senin (3/8/2020).

Pahala mengatakan, kondisi ini masih cukup baik karena dari perkiraan awal, Bank BTN memiliki nasabah sekitar 1,5 juta diprediksi akan mengajukan keringanan kredit. Sedangkan 230 ribu saat ini masih jauh di bawah perkiraan.

"Itu kalau sekarang 230 ribu, masih di bawah seperlimanya. Masih di bawah 15 persen nasabah yang kami lakukan restrukturisasi. Jadi kondisi ini masih cukup baik," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendapatan Turun

Mantan Direktur Utama Garuda Indonesia tersebut menambahkan, pihaknya masih membuka peluang bagi nasabah yang ingin melakukan restrukturisasi kredit. Namun dengan syarat, terjadi penurunan pendapatan.

"Masih dimungkinkan dilakukan restrukturisasi kalau nasabah menunjukkan pendapatan mereka mengalami penurunan. Polanya kita lihat, jumlah nasabah yang meminta restrukturisasi di bulan Juli dibandingkan juni lalu, itu menurun 50 persen nya," jelasnya.

"Artinya sudah jauh lebih sedikit yang membutuhkan restru di bulan Juli dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Bulan Juli menurun 30 persen dibandingkan bulan Mei, April dan Mei puncaknya restrukturisasi yang kita lakukan," tandasnya.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini