Sukses

Gojek Dirikan 200 Posko untuk Pantau Pengemudi Jalankan Protokol Kesehatan

Gojek dirikan 200 titik Posko Aman Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan atau J3K diberbagai kota-kota besar.

Liputan6.com, Jakarta - Jamin para drivernya menjalankan protokol kesehatan dengan benar, Gojek dirikan 200 titik Posko Aman Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan atau J3K diberbagai kota-kota besar. Untuk wilayah Tangerang sendiri ada enam posko yang disediakan.

"Jaga Kesehatan di dalam inisiatif J3K merupakan program Gojek dalam menerapkan gaya hidup sehat, terutama bagi para mitranya yang melayani para pelanggan setiap hari. Jadi dalam satu pekan itu, para mitra atau driver Gojek, wajib mengunjungi posko untuk melakukan pengecekan," tutur VP Corporate Affairs, Teuku Parvinanda Handriawan, di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (15/7/2020).

Pengecekan di Posko Aman J3K ini, para driver akan dicek suhu tubuhnya, kemudian melakukan disinfeksi kendaraan dan helm, pendistribusian masker, hairnet, dan hand sanitizer bagi para mitra driver.

Kemudian, untuk mencegah penumpukan mitra saat mengunjungi posko, para driver terlebih dulu harus mendaftar secara online. Sehingga akan ditentukan pada hari apa driver diperbolehkan menuju Posko Aman J3K.

"Jadi, ketika driver sudah melakukan berbagai pengecekan yang sesuai dengan protokol kesehatan, informasi suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan dapat dilihat pelanggan di aplikasi,"tutur Parvinda.

Prosedur J3K ini sudah tersedia di berbagai kota-kota besar di Indonesia, setidaknya ada 200 posko, dengan enam diantaranya berada di Tangerang raya. "Enam ini enggak jadi patokan, tapi kemugkinan akan bertambah titik Posko Aman J3k nya," ungkap Parvinda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kebersihan

Lalu, upaya lain dalam menjaga kebersihan ekosistem adalah dengan menerapkan protokol kebersihan bagi mitra usaha GoFood. Maksudnya, para mitra GoFood diimbau untuk menyediakan wastafel dan hand sanitizer bagi mitra driver, dan menjaga makanan tetap higienis.

Di layanan ini juga, secara otomatis Gojek menyediakan daftar outlet mitra yang secara konsisten menerapkan penggunaan masker dan pengecekan suhu bagi karyawan, serta penggunaan segel pengaman pada kemasan.

“Gojek juga fokus mengembangkan layanan GoMed sehingga kini pelanggan dapat membuat janji melakukan rapid test COVID-19, di samping juga bisa membeli vitamin, obat-obatan, membuat janji tatap muka dengan dokter dan lain sebagainya yang terkait layanan kesehatan, bekerja sama dengan layanan Halodoc,” jelasnya. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.