Sukses

Dirut BRI: Cara Terbaik Sejahterakan Rakyat Itu Berikan Pekerjaan, Bukan Subsidi

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso, membeberkan andil besar sektor UMKM terhadap perekonomian dalam negeri.

Hanya saja, menurut Sunarso, saat ini UMKM menjadis alah satu sektor yang paling terdampak akibat badai pandemi Covid-19. Alhasil, banyak pekerja di sektor ini sedikit demi sedikit mulai kehilangan pekerjaan.

“Cara terbaik mensejahterakan rakyat adalah memberikan pekerjaan, bukan memberikan subsidi,” kata dia dalam webinar CORE Economic Forum "Langkah Penting Perbankan dalam Mendorong Bisnis UMKM di Masa Pandemi”, Rabu (15/7/2020).

“Sundisi itu menurut saya dalam keadaan yang sangat membutuhkan baru diberikan,” imbuh dia.

 

2 dari 3 halaman

116 Juta Pekerja

Dalam data yang dipaparkannya, UMKM telah memperkerjakan lebih dari 116 juta orang atau 97 persen total tenaga kerja di Indonesia.

Selain itu, UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,90 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp 8.573,9 triliun.

“Data dan faktanya menunjukkan 97 persen tenaga kerja itu terserap di UMKM, maka dari kita sejahterakan rakyat itu dengan mengelola UMKM ini secara baik dan benar,” kata Sunarso.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: