Sukses

Mobil Wapres Isi Bensin di Pinggir Jalan, Ini Penjelasan Pertamina

Sebuah video yang merekam mobil Wapres mengisi bensin dengan jeriken viral di media sosial.

 

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi pemberitaan mengenai kendaraan Wakil Presiden (Wapres) RI pada kunjungannya ke Sukabumi, pada 8 Juli lalu, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III mengungkapkan pengisian BBM dengan jeriken di sela perjalanan dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan waktu kunjungan Wakil Presiden.

Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III Dewi Sri Utami mengungkapkan, pengisian jeriken menjadi alternatif, karena agenda kegiatan Wapres yang cukup padat.

Sementara, kondisi jalan yang macet pada pagi dan sore hari, karena bertepatan dengan waktu pergantian jam kerja pabrik.

"Kendaraan Wapres perlu cepat mengisi BBM, sehingga kami telah berkoordinasi dengan pihak Sekretariat Wakil Presiden untuk dilakukan pengisian dengan jeriken BBM jenis Pertamax Turbo dari SPBU terdekat,” jelasnya.

Kondisi yang tidak memungkinkan untuk iring-iringan Wapres mengisi ke SPBU yang berjarak tidak kurang dari radius 5 km dimana tersedia Pertamax dan Pertamax Turbo sehingga pihak Setwapres mendatangkan BBM ke lokasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi

Sebelumnya, sebuah video yang merekam mobil Wapres mengisi bensin dengan jeriken viral di media sosial. Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar, membenarkan mobil tersebut adalah milik Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dia menyebut mobil itu diisi dengan bensin cadangan yang memang sudah disediakan karena SPBU setempat tidak menjual bensin sesuai spesifikasi mobil Mercy tersebut, bukan BBM eceran.

Menurut dia, peristiwa itu terjadi pada 8 Juli 2020 di dekat SMA 4 Sukabumi, lokasi kunjungan kerja Wapres Ma'ruf Amin untuk pertama kalinya di era new normal.

"Jadi itu hanya mobil saja, Pak Wapres sedang kunker," kata Oemar dalam keterangan resmi diterima, Sabtu (11/7/2020).

 

3 dari 3 halaman

Mobil Cadangan

Oemar menambahkan, mobil hitam Mercedez Benz itu adalah mobil cadangan. Sebab saat itu, Wapres tengah menggunakan mobil utamanya yakni Toyota Alphard.

"Memang tiap kunjungan kerja selalu siap mobil cadangan dalam iring-iringan," ungkap Oemar soal mobil Wapres yang disebut isi bensin eceran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.