Sukses

Menko Luhut akan Tertibkan Kabel Laut yang Berseliweran

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah akan menertibkan jalur kabel laut dan pipa laut di seluruh perairan Indonesia. Selama ini jalur kabel laut dan pipa laut yang tak rapi tersebut sering bersinggungan dengan jalur kapal. 

Luhut mengatakan, banyak terjadi jangkar kapal tersangkut dengan jalur kabel laut dan pipa laut yang tdak rapi ini. Hal tersebut menimbulkan permasalahan besar. Tak jarang pencemaran laut terjadi karena kebocoran pipa laut yang tersangkut jangkar kapal. 

Oleh karena itu, pemerintah akan membuat peta besar jalur kabel laut dan juga pipa laut di seluruh Indonesia. Pemerintah akan menertibkan jalur kabel dan pipa yang ada sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

"Pipa dan kabel laut yang seliwer, habis kontraknya, mereka harus dilarikan ke kolidor yang kita sudah atur di seluruh Indonesia supaya tertib. Salah satu yang ada di Batam," kata Luhut usai rapat Kerja di Nongsa Poin Marina, Batam, Kamis (2/7/2020).

Untuk menertibkan kabel dan pipa laut dan untuk membuat peta bawah laut, Luhut akan mengadakan rapat dengan 12 kementerian yang terkait. Salah satunya adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Luhut mengatakan, terkait sering terjadinya permasalahan kabel laut yang berserakan ini, pihaknya melakukan pemetaan dan akan meminta setiap pemilik kabel untuk menempatkan kabel tersebut di satu koridor yang telah ditetapkan.

"Ini akan kami lakukan secara bertahap," Ucap Luhut. "Langkah ini kami ambil agar tertib. Kabel laut yang bermasalah akan kita tertibkan di tanam sedalam 3 meter " tegasnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: