Sukses

4 Cara Sederhana Keluar dari Jeratan Utang

Bagi yang sudah terlanjur memiliki utang, Anda sebetulnya masih bisa mengatur keuangan lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki utang dan tidak memiliki cukup uang saat ini tak bisa dianggap sepele. Selain memberikan tekanan mental, Anda juga tidak bisa memiliki hidup yang tenang dan damai saat sedang menanggung utang.

Melansir laman Lifehack.org, Selasa (30/6/2020), sebenarnya setiap orang bisa saja tidak berutang jika dapat mengatur pengeluarannya. Termasuk tidak membeli barang yang dibutuhkan hanya karena merasa menyukainya.

Bagi yang sudah terlanjur memiliki utang, Anda sebetulnya masih bisa mengatur keuangan lebih baik. Berikut empat trik sederhana untuk keluar dari jeratan utang:

1. Menabung di awal

Gunakan trik 50-30-20 setiap kali Anda menerima gaji dari tempat bekerja. Gunakan 50 persen dari gaji untuk pengeluaran tetap seperti kredit rumah, internet, tagihan listrik dan lainnya.

Sementara itu, 30 persen lainnya Anda gunakan untuk pengeluaran lainnya seperti kebutuhan sehari-hari atau untuk hiburan. Sisanya, sebanyak 20 persen dari gaji harus masuk tabungan sejak awal.

Dengan menyisihkan uang di awal, Anda bisa secara pelan-pelan melunasi utang. Selain itu, Anda juga bisa membatasi diri untuk belanja yang tidak perlu.

2. Berhenti gunakan kartu kredit

Kredit bukanlah semudah Anda menggesek kartunya. Memang, dengan kartu kredit, Anda bisa membeli banyak barang bahkan saat Anda tidak memiliki uang.

Namun, langkah berikutnya untuk lepas dari utang adalah dengan berhenti menggunakan kartu kredit. Ingat, setiap kali menggunakan kartu kredit, setiap itu pula Anda menambah utang.

Jadi pastikan Anda menggunakan kartu debit saat membayar dan bukan kartu kredit.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Susun anggaran dan patuhi

Menyusun anggaran memang bukan langkah yang menyenangkan untuk keluar dari utang. Meski begitu, menyusun anggaran dan mematuhinya merupakan langkah yang paling ampuh untuk keluar dari jeratan utang.

Ingat juga, Anda menjadi memiliki utang, lantaran tidak memiliki anggaran yang tepat. Sehingga pengeluaran menjadi lebih tinggi dibandingkan pemasukan dan membuat Anda jadi berutang. Maka susunlah anggaran yang sesuai dengan keuangan, termasuk dana tabungan, dan pastikan Anda mematuhinya.

4. Buat grafik pelunasan utang

Ini merupakan bagian paling menyenangkan agar Anda bisa keluar dari jeratan utang. Pertama, buatlah daftar utang yang dimiliki, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil jumlahnya.

Setelah itu, sesuaikan dengan anggaran dan tabungan yang Anda sisihkan. Lantas pastikan grafik utang tersebut tidak naik kembali dan terus menurun hingga nol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.