Sukses

Generasi Muda Jadi Pionir Penggunaan Teknologi Guna Genjot Produktivitas

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hikmah dibalik pandemi Covid-19 adalah gencarnya penggunaan berbagai aplikasi berbasis daring. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat, penggunaan aplikasi daring naik 432 persen selama Covid-19.

“Covid-19 ternyata menyebabkan seluruh orang saat ini terpaksa menggunakan teknologi, baik penggunaan zoom, google meet, halodoc, e-commerce dan lain-lain,” ujar Staf Ahli Bidang Hukum Kemkominfo, Prof. Dr. Henri Subiakto, Kamis, (30/7/2020).

Menurut Hendri, dunia semakin cepat berubah karena teknologi dan Covid-19. Ia mengakui, ada banyak sekali permintaan di daerah-daerah seluruh Indonesia untuk pelayanan internet yang baik sebagai bukti pentingnya keberadaan teknologi saat ini.

“Semua daerah yang kami kunjungi, mintanya cuma satu , internet yang cepat dan murah. Karena kebutuhan internet saat ini seperti kebutuhan sandang dan pangan. Menjadi kebutuhan pokok,” sambung Hendri.

Lebih lanjut, Hendri menyoroti peran pemuda yang sangat vital dalam penggunaan teknologi. Kelompok muda adalah kelompok masyarakat yang paling paham dan melek penggunaan teknologi. Pemuda didorong untuk mengampanyekan penggunaan teknologi yang positif dan membantu menjaga produktifitas masyarakat di tengah Covid-19.

"Cara untuk menjaga produktifitas dan tetap sehat, satu-satunya cara adalah menggunakan teknologi. Pemuda jadi ujung tombak penggunaan teknologi untuk segala sektor kehidupan selama pandemi dan pasca pandemi nanti," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Bijak Gunakan Media Sosial

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi 1 DPR RI, Farhan meminta kelompok muda untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

“Kaum muda diharapkan bisa semakin bijak dalam menggunakan media sosial. Salah satunya dengan tidak mudah memberikan pernyataan yang menimbulkan perpecahan,” ujarnya.

Sementara, Dekan FISIP Universitas Djuanda menyebut kelompok muda justru sangat progresif dan positif dalam penggunaan teknologi selama masa pandemi.

"Masyarakat yang paham teknologi adalah sebagian besar kalangan muda. Kelompok muda ini justru memulai usaha menggunakan platform digital saat di tengah pandemi," ujar Hermawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: