Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Bisnis Anda Lancar Jaya Saat New Normal

Berikut lima hal yang dapat Anda lakukan saat ini untuk mempersiapkan bisnis saat new normal dan pasca covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat disangkal bahwa wabah virus corona atau covid-19 telah secara dramatis mengubah hampir setiap aspek kehidupan setiap orang di seluruh dunia. Dari perspektif bisnis, pasar saham mengalami kerugian satu hari terbesar dalam sejarah.

Kita  seperti berada di perairan yang belum dipetakan, dan berapa lama kita akan tinggal di dalamnya tetap tidak pasti. Namun, ada satu hal yang kita semua tahu, dan itu adalah wabah ini akan mengubah kehidupan setiap orang selama bertahun-tahun atau dekade mendatang.

Penerapan protokol kesehatan yang telah diterapkan saat masa pandemi covid-19, hal yang sama akan berlaku setelah saat New Normal atau setelah pandemi corona berakhir. Apakah bisnis Anda siap untuk menghadapi dunia bisnis New Normal?

Berikut lima hal yang dapat Anda lakukan saat ini untuk mempersiapkan bisnis saat new normal dan pasca covid-19, dilansir dari laman Entepreneur.com, Minggu (30/5/2020).

1. Munculnya Situs Web yang Ditingkatkan dan Alat Digital

Banyak bisnis seperti toko ritel, salon rambut, gudang, pabrik, dan kantor ditutup dan kantor lokasi mereka ditutup, serta tidak memiliki alat teknis untuk bertahan dengan lokasi fisik mereka ditutup.

Maka dari itu sangat penting bagi bisnis untuk tidak hanya bertahan, tetapi berkembang melalui situs web yang ditingkatkan dan alat digital untuk melayani pelanggan mereka. Hal-hal seperti e-commerce di industri yang tidak pernah menggunakan e-commerce sebelumnya,

Konfigurasi produk canggih, chatbots, dan aplikasi mobile menjadi permintaan yang lebih besar daripada sebelumnya ketika bisnis kecil dan menengah bergabung dalam revolusi teknologi dekade baru.

Alat-alat baru ini membantu bisnis tetap bertahan selama wabah virus dan akan menjadi tren makro yang menjadi lebih penting, karena jarak sosial menjadi praktik yang biasa tidak hanya untuk wabah ini tetapi untuk wabah potensial di masa depan juga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Masalah Keamanan Siber Jadi Perhatian Utama

Cybersecurity sudah menjadi topik penting bagi bisnis besar, dan dengan Peraturan Perlindungan Data Umum UE, Undang-Undang Privasi Konsumen dan undang-undang privasi lainnya, serta berita yang tak terhitung jumlahnya tentang biaya dan dampak dari pelanggaran data.

Hal itu merupakan sesuatu yang sedang dilakukan oleh bisnis kecil. Sehingga dipaksa untuk menghadapi langsung. Dengan lonjakan karyawan yang bekerja jarak jauh selama wabah virus, telah terlihat semakin banyak pelanggaran data dan serangan siber.

Karyawan yang menggunakan infrastruktur tanpa jaminan dan alat pihak ketiga adalah dua penyebab utama potensi pelanggaran. Kombinasikan ini dengan penyimpanan data dan praktik akses yang melanggar undang-undang privasi, misalnya, telemedicine pada platform yang tidak sesuai HIPAA dan tiba-tiba kebutuhan akan solusi aman menjadi perhatian utama.

Selain itu, selama masa rentan ini, banyak yang datanya bocor atau dicuri karena menggunakan platform seperti Zoom misalnya. Oleh karena itu, lebih banyak bisnis akan dipaksa untuk berinvestasi dalam teknologi yang aman, terukur, dapat diakses dari jarak jauh.

3 dari 5 halaman

3. Pertemuan Virtual

Peningkatan luar biasa dalam pertemuan virtual adalah tren yang diprediksi akan tetap ada pasca covid-19. Meskipun tidak ada pengganti untuk pertemuan tatap muka dan berjabat tangan, untuk beberapa tahun ke depan tren pertemuan virtual bisa berlanjut.

Selain itu tidak hanya berlaku untuk dunia bisnis tradisional, itu akan berlaku untuk banyak aspek lain dari kehidupan kita misalnya, bertemu dengan dokter Anda, terapis, bankir dan bahkan penata rambut untuk konsultasi.

Ini akan menjadi penghematan biaya dan waktu yang luar biasa bagi semua pihak yang terlibat. Maka  tren baru yang sudah dimulai sebelum wabah virus dan akan menjadi lebih besar saat kita melanjutkan dekade baru ini.

Mempersiapkan tren ini jauh melampaui memiliki ruang pertemuan virtual dan perangkat lunak. Hal-hal seperti brosur digital, kartu bisnis digital, video tutorial, dan informasi situs web yang disempurnakan semuanya akan mengikuti tren ini dan menjadi kebutuhan, karena bisnis merasa lebih sulit untuk secara fisik menyerahkan materi kepada pelanggan mereka.

4 dari 5 halaman

4. Tingkatkan Kontrol dalam Pengeluaran

Dengan penutupan bisnis yang belum pernah terjadi sebelumnya, bisnis akan semakin mencari cara untuk memiliki tingkat kontrol yang lebih besar atas pengeluaran Anda. Ini akan mencakup bisnis yang meminta jangka waktu kontrak yang lebih pendek, klausul darurat dan ketentuan dalam perjanjian.

Cara-cara untuk memiliki tenaga kerja yang lebih mudah diukur menggunakan pekerja sementara dan agen sementara, dan keinginan keseluruhan untuk menurunkan biaya, terutama biaya berulang.

Sangat perlu mengurangi biaya, tidak hanya sebagai akibat dari virus tetapi juga sebagai praktik yang mereka ingin teruskan dalam waktu dekat. Meskipun ini adalah praktik bisnis yang baik, rasa sakit yang dirasakan selama penurunan ekonomi ini akan menciptakan bekas luka yang kemungkinan akan bertahan bertahun-tahun di masa depan.

Kemudian pastikan bisnis Anda memiliki jawaban ketika pelanggan Anda meminta cara-cara mereka bisa menabung, mengurangi persyaratan kontrak atau melindungi bisnis mereka dari bencana dan malapetaka di masa depan.

5 dari 5 halaman

5. Bekerja Jarak Jauh

Terakhir, dengan empat tren sebelumnya akan datang trend yang kelima  yakni perubahan yang lebih besar untuk karyawan jarak jauh. Banyak bisnis yang akan menggunakan tren karyawan bekerja dalam jarak jauh, karena kantor terpaksa ditutup alih-alih antisipasi penyebaran wabah.

Kendati begitu, dengan mempekerjakan karyawan secara jarak jauh maka akan lebih efisien, efektif, ekonomis, dan sesuatu yang diminati oleh generasi millenial dan Generasi Z.

Dengan semakin banyaknya karyawan yang jauh datanglah kebutuhan yang meningkat untuk keempat poin pertama yang disebutkan. Tren ini adalah sesuatu yang dimulai lebih dari satu dekade yang lalu, tetapi akan terus diperkuat dalam dekade baru ini dan setelah Covid-19.

Tren-tren ini akan relevan tidak hanya pada tahun 2020, tetapi juga kemungkinan jauh lebih baik. Membuat keputusan dan memposisikan perusahaan Anda sekarang untuk perubahan-perubahan di dunia bisnis ini akan memastikan bisnis Anda siap, dan berada di garis depan revolusi teknologi digital jarak jauh yang baru.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini