Sukses

Mengintip Kesiapan Dunia Usaha Hadapi New Normal

Aktivitas ekonomi akan dibuka kembali namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia nampaknya bakal segera menerapkan New Normal. Aktivitas ekonomi akan dibuka kembali namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, sejauh apa dunia usaha bersiap menghadapi era baru ini?

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Perempuan Nita Yudi menyatakan, Kadin sudah siap melakukan adaptasi, inovasi dan meningkatkan kreativitas untuk bisa hidup berdampingan dengan Corona.

"Untuk menghadapi ini tentu kami sudah membuat antisipasi, Pak Rosan (Ketua Kadin) membuat satu imbauan bahwa kita harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19, artinya kita harus bisa adaptasi, berinovasi dan berkreasi," ujar Nita dalam siaran langsung, Jumat (29/5/2020).

Meskipun tidak menjelaskan secara rinci, namun dalam pelaksanaannya, Nita menyatakan dunia usaha sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus saat new normal. Dunia usaha juga akan selalu mengikuti anjuran pemerintah terkait hal ini.

Ada beberapa hal yang telah Kadin lakukan di tengah pandemi ini. Selain rutin memberi masukan kepada pemerintah, Kadin terus mendorong agar pemerintah mempercepat penyaluran bantuan kepada pelaku UMKM terdampak Corona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesulitan Biaya

Hal ini dikarenakan pelaku usaha mikro menggantungkan hidup sehari-hari mereka dengan berdagang sehingga jika Corona membuat dagangan mereka sepi, mereka akan kesulitan mencari biaya hidup sehari-hari.

"Kami terus beri masukan ke pemerintah terutama karena dunia usaha ini yang paling kena imbasnya UMKM. Nah, stimulus ini harus disegerakan karena sampai saat ini BLT belum sampai ke teman-teman pengusaha mikro," ujar Nita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini