Sukses

Mal di Jakarta Kembali Buka 5 Juni, Ini Kata Kemendag

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah mal di DKI Jakarta rencananya akan kembali beroperasi mulai 5 Juni 2020 mendatang, menyesuaikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota yang akan selesai 4 Juni.

Menanggapi hal itu Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, mengatakan Kementerian Perdagangan belum ada aturan khusus untuk pengoperasian mal yang nanti akan dibuka tersebut.

“Masih dalam proses pembahasan dengan Kementerian/Lembaga yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko),” kata Oke kepada Liputan6.com, Selasa (26/5/2020).

Kemudian saat ditanya lebih lanjut, kapan proses pembahasan dengan Kementerian terkait itu, ia menjawab masih belum bisa dipastikan karena masih dalam tahap proses. Melainkan pihaknya perlu berkoordiasi kembali dengan Kemenko.

Lanjut Oke, ia mengungkapkan belum ada arahan yang jelas dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto terkait bagaimana langkah dari Kementerian Perdagangan menanggapi pembukaan mal 5 Juni mendatang itu.

Namun yang pasti Kementerian Perdagangan akan mengikuti arahan dari Kementerian dan Lembaga yang terkait, demi mendukung dan menggerakkan kembali ekonomi menuju fase New Normal.

“Ya tergantung arahan, secara prinsip saat ini kita perlu untuk segera menggerakan ekonomi tapi kesehatan juga tidak ditinggalkan. Semua tergantung dari kondisi kedaruratan kesehatan masing-masing daerah, sejauh mana tingkat kedisiplinan atau kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” pungkasnya.   

2 dari 2 halaman

Mal di Jakarta Mulai Buka Lagi 5 Juni 2020

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, mengatakan bahwa mal diseluruh wilayah DKI Jakarta akan buka pada 5 Juni 2020.

“Rencana mal di buka mulai tanggal 5 Juni,” kata Ellen kepada Liputan6.com, Sabtu (23/5/2020).

Padahal beberapa waktu yang lalu, Ellen mengungkapkan bahwa pihaknya sempat melihat infografis berjudul Pemulihan Ekonomi yang akan dilakukan Pemerintah Indonesia secara bertahap. Salah satunya ditulis jika mal akan dibuka pada fase 2 yaitu pada 8 Juni 2020.

Tentu Ellen menanggapi positif hal tersebut, maka APPBI akan mengikuti arahan dari Pemerintah dan Gubernur DKI mengenai tanggal yang dipilih untuk mulai beroperasinya pusat belanja di DKI.

Namun, ketika ditanya lebih lanjut terkait detail mal mana saja yang akan dibuka, Ellen mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan.

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman