Sukses

41 Karyawan Pertamina Terinfeksi Virus Corona

Sejumlah langkah telah diambil oleh Pertamina untuk menekan penyebaran Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan sebanyak 41 karyawan perusahaan terjangkit Virus Corona. Karyawan tersebut kini sudah ditempatkan di rumah sakit yang di kelola oleh Pertamina untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

"Karyawan Pertamina 41 orang (positif Covid-19) dan di rawat di rumah sakit kami,” ujar Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat secara virtual dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (21/4).

Dia menjabarkan, sejumlah langkah telah diambil oleh perusahaan untuk menekan penyebaran Virus Corona. Salah satunya dengan melakukan lockdown di kapal-kapal Pertamina yang tengah melakukan pengerjaan proyek di laut lepas.

"Kami mengambil langkah lockdown di beberapa kapal yang tengah melakukan pengerjaan proyek. Untuk 9 bulan mereka akan di sana. Tetapi apabila ada kru yang sekiranya dalam kondisi darurat harus kembali, maka kami kembalikan dengan mengganti kru lain," jelasnya.

Pertamina juga telah membentuk tim krisis khusus untuk menangani pandemi Covid-19. Setiap hari dilakukan pemantauan karyawan dengan laporan kondisi kesehatan setiap karyawan beserta keluarga karyawan.

"Setiap hari kami monitor, jangankan karyawan yang sakit, karyawan yang absennya unfit terkait batuk kami tanyakan ke direktur terkait, karena kami tahu virus ini luar biasa penularannya," paparnya.

Dalam rangka mendorong pencegahan Virus Corona perusahaan telah mengucurkan dana sebesar Rp 460 miliar per 19 April 2020. Tidak hanya dana, Pertamina juga meningkatkan fasilitas kamar ICU Rumah Sakit Pertamina Jakarta (RSPJ) menjadi 65 kamar dan ruang ICU modular sebanyak 90 tempat tidur yang dilengkapi dengan negative pressure.

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Corona 21 April: 842 Orang Sembuh dari Covid-19

Kabar baik datang dari jumlah pasien corona covid-19. Jumlah mereka yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 saat ini bertambah 95 orang. Dengan demikian, total pasien yang sembuh dari covid-19 sebanyak 842 kasus.

"Pasien yang sembuh dari corona covid-19 bertambah 95  kasus. Dengan begitu, jumlah akumulatif pasien sembuh sebanyak 842 orang," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangannya di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Sedangkan untuk jumlah pasien covid-19 yang meninggal dunia, kata dia, juga mengalami peningkatan. Total yang wafat akibat covid-19 berjumlah 616 orang.

Untuk jumlah total pasien positif corona Covid-19 mencapai 7.135 orang. Ada penambahan sebanyak 375 kasus.

Data ini tercatat sejak Senin 20 April 2020 pukul 12.00 WIB hingga Selasa (21/4/2020) pukul 12.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona