Sukses

Ratusan Pekerja di Bandara Soekarno Hatta Dapat Bantuan Sembako

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) bagikan 500 lebih paket sembako kepada pekerja di area Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Ratusan paket sembako itu dibagikan di Terminal 1, 2 dan 3, Area Kargo, dan kawasan Soewarna Bandara Soekarno Hatta. Selain kepada pekerja, paket sembako juga diserahkan ke yayasan panti asuhan Darul Ulum, Neglasari, Kota Tangerang.

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengatakan, bakti sosial ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Polri dan didukung oleh seluruh instansi, perusahaan dan lembaga yang tergabung dalam Kombata.

"Hari ini ada 500 paket sembako yang dikumpulkan untuk dibagikan kepada rekan-rekan kita atau pekerja-pekerja yang ada di Bandara Soekarno-Hatta," kata Kombes Adi, saat ditemui di Terminal 1, Selasa (21/4/2020).

Menurutnya, petugas kebersihan dan petugas keamanan tidak dapat bekerja dari rumah (WFH) disaat diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Tangerang Raya termasuk Bandara Soetta.

"Oleh karenanya, kita anggap (mereka) merupakan teman-teman yang membutuhkan untuk kita bantu dalam bakti sosial ini," kata Kapolres.

Tidak lupa, pada pembagian paket sembako ini dilakukan dengan menerapkan physical distancing. "Melalui kegiatan ini juga kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap berprilaku hidup sehat serta menerapkan physical distancing dan menaati protokol kesehatan dari pemerintah" katanya. 

2 dari 4 halaman

Simak Penyesuaian di Bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma Saat PSBB

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II melakukan penyesuaian terhadap Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma untuk pembelakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini guna memastikan kedua bandara tersebut dapat tetap beroperasi lancar dan optimal selama berjalannya PSBB.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, optimistis bahwa kedua bandara ini juga dapat mempercepat penerapan penuh PSBB di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan) yang dimulai hari ini, Sabtu (18/4/2020).

“Sebagai salah satu pusat aktivitas terbesar bagi warga Jabodetabek, Soekarno-Hatta bersama dengan Halim Perdanakusuma akan mempercepat penerapan PSBB secara penuh di Tangerang Raya. Kami menerapkan pembatasan sosial di kedua bandara tersebut sehingga terintegrasi dengan penerapan PSBB di DKI Jakarta dan Tangerang Raya,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2020).

Secara umum, Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma sangat mendukung penerapan PSBB DKI Jakarta dan Tangerang Raya.

Adapun update mengenai operasional dan pelayanan Bandara Soekarno-Hatta setelah sepekan berjalannya PSBB DKI Jakarta, berikut informasinya:

Maskapai yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta  berdasarkan data per 16 April 2020:

Batik Air, Citilink Indonesia, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, My Indo Airlines, Qatar Airways, K-Mile Air, China Airlines, EVA Air, Air China, Cathay Pacific Airways, Emirates, Federal Express, Trigana Air, Japan Airlines, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Singapore Airlines, Vietnam Airlines, Airfast Indonesia, Lanmei Airlines.

3 dari 4 halaman

Terminal yang Beroperasi

Adapun terminal yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu:

Terminal 1A, Terminal 2D, Terminal 2E dan seluruh Terminal 3.

Transportasi Publik yang beroperasi:

Bus: Damri, Primajasa, Hiba, Sinar Jaya dan Big BirdTravel: Citi Trans, Jackal Holidays, X Trans, Lintas Shuttle, Primajasa Red White Star, SInar Shuttle, DamriTaksi reguler: Blue Bird, Gamya, Express, Diamond, Borobudur, Primajasa, GreenlineTaksi Eksekutif: Silver Bird, Tiara ExpressRent Car & Online: Golden Bird, Ligat Utama Indonesia, Inkopau, Inkoppol, Inkopal, Mandar Indonesia, Gojek, Abhinaya, Diva Service, Grab.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta:

Railink tidak mengoperasikan sementara waktu kereta bandara sejak 12 April 2020.

Mendukung penerapan PSBB Tangerang Raya, mulai 15 April 2020 operasional Skytrain yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 dihentikan sementara.

Selain itu, Transit Oriented Development (TOD) M1 Soekarno-Hatta juga ditutup sementara mulai 18 April 2020 pukul 00.00 WIB guna mendukung PSBB Tangerang Raya. Penutupan diberlakukan selama PSBB Tangerang Raya diterapkan.

Sejalan dengan penutupan TOD M1, pengendara sepeda motor dan pejalan kaki dapat masuk dan keluar kawasan Bandara Soekarno-Hatta melalui akses sementara yang terdapat di area TOD M1.

 
4 dari 4 halaman

Bandara Internasional Halim Perdanakusuma

Maskapai yang Beroperasi Berdasarkan Data per 16 April 2020:

Batik Air, Wings Air, Citilink Indonesia, Tri MG, Ekspres Transportasi Antarbenue, Travira Air.

Transportasi publik yang beroperasi:

Bus: DamriTaksi reguler: Puskopau, Express/Next, PrimajasaTaksi eksekutif: SilverbirdRent car & Online: Puskopau, Grab Car