Sukses

Lippo Karawaci Tingkatkan Kepemilikan di SILO dan LPCK

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) terus meningkatkan kepemilikannya di PT Siloam Hospitals Tbk dan PT Lippo Cikarang Tbk.

CEO Lippo Karawaci John Riady menjelaskan, Lippo Karawaci meningkatkan kepemilikannya di PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) sebesar 4,3 persen menjadi 55,4 persen. Dalam transaksi yang terpisah, Lippo Karawaci juga meningkatkan kepemilikannya di PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK)sebesar 3 persen menjadi 84 persen.

Lippo Karawaci membeli saham SILO dengan diskon yang menarik untuk industri tersebut pada harga rata-rata EV / EBITDA selama 5 tahun terakhir. Harga rata-rata akuisisi ini di bawah 9.5x EV / EBITDA, sementara untuk perusahaan-perusahaan sejenis secara historis diperdagangkan pada EV / EBITDA rata-rata lebih dari 20x.

Untuk LPCK, diskon terhadap NAV pada harga rata-rata transaksi lebih dari 91 persen, yang merupakan diskon yang signifikan untuk rata-rata perusahaan-perusahaan sejenis.

Transaksi akuisisi saham SILO adalah 70 juta saham dengan harga rata-rata Rp 5.779. Transaksi akuisisi saham LPCK adalah 80 juta saham dengan harga rata-rata Rp 600.

Kedua akuisisi saham diselesaikan dalam dua transaksi yang terpisah masing-masing selama 4 minggu terakhir.

"Lippo Karawaci tetap konsisten dalam menjalankan rencana bisnisnya untuk fokus pada bisnis properti dan layanan kesehatan sebagai bisnis inti kami," kata John Riady dalam keterangan tertulis, Kamis (16/4/2020).

"Pada masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, analisa kami secara internal menunjukkan bahwa tindakan yang paling bijaksana adalah menghemat dana tunai atau sedikit demi sedikit meningkatkan kepemilikan kami di anak-anak perusahaan bisnis utama kami." tambahnya. 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lippo Ubah Pusat Perbelanjaan di Mampang Jadi RS Pasien Corona

Sebelumnya, Lippo Group mengubah gedung Lippo Plaza Mampang di Jakarta Selatan menjadi rumah sakit (RS) khusus bagi para penderita Virus Corona (Covid-19). Rumah sakit tersebut akan dikelola Lippo Group di bawah kendali Siloam Hospitals.

VP Head of Corporate Communication Lippo Karawaci, Danang Kemayan Jati, mengatakan jika RS khusus pasien Corona tersebut akan mulai beroperasi pada pekan ini. 

"Akan beroperasi secepatnya dalam minggu ini, dan dikhususkan untuk rumah sakit penderita Covid-19," jelas Danang kepada Liputan6.com, Rabu (1/4/2020).

Dia mengaku jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berkunjung ke rumah sakit itu pada Selasa, 31 Maret 2020 kemarin, dan mengapresiasi inisiatif tersebut.