Sukses

Kemensos Sebar 3,5 Juta Paket Sembako untuk Warga Jabodetabek

Sebanyak 9 juta masyarakat Indonesia akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, sebanyak 9 juta masyarakat Indonesia akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Sementara itu, pemerintah juga akan memberi bantuan sembako bagi sekitar 3,5 juta untuk masyarakat Jabodetabek.

Dia mengatakan, Kementerian Sosial membutuhkan kerja sama dengan BUMN untuk menyalurkan bantuan tersebut terutama untuk penyaluran sembilan bahan pokok (sembako).

"Nah kita sedang mendiskusikan, sinergi untuk penyaluran bansos. Bansos baik itu sembako maupun BLT, kita akan memberikan BLT ke hampir 9 juta keluarga di seluruh Indonesia dan sekitar 3,5 juta jiwa di Jabodetabek untuk sembako," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Dia mengatakan, dalam kondisi ekonomi cukup sulit dibutuhkan kerja sama yang mumpuni agar masyarakat bisa tetap terlayani dengan baik. Untuk itu, kerja sama dengan Kementerian BUMN yang memiliki badan usaha cukup banyak merupakan salah satu hal penting saat ini.

"Yang ini saya minta Pak Erick dengan seluruh jaringan Kemen BUMN untuk membantu kita supaya kita benar-benar bisa memberdayakan BUMN yang ada. Di saat-saat ekonomi yang sedang sangat sangat down seperti saat ini," paparnya.

Dia berharap pandemi Virus Corona bisa segera berakhir dengan segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah. "Di samping bantuan ini kami akan terus sinergi melawan Covid-19 yang hanya bisa kita selesaikan dengan cara gotong royong," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

200.000 Sembako Dibagikan ke Warga Terdampak Corona di Jabodetabek Mulai Rabu 8 April

Pemerintah akan membagikan 200 ribu sembako untuk warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang (Jabodetabek) yang terdampak wabah Corona. Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan ratusan ribu paket bantuan sosial itu akan dibagikan mulai besok, Rabu 8 April 2020.

"Khusus bansos sembako untuk wilayah di Jabodetabek. Kemensos akan mendistribusikan mulai besok, 200 ribu paket sembako dengan indeks Rp 200 ribu di Jakarta," jelas Juliari usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait Jaring Sosial Pengaman saat wabah Corona melalui siaran teleconference, Selasa (7/4).

Dia menjelaskan paket sembako tersebut diberikan untuk menunggu bantuan sosial dari Presiden Joko Widodo. Juli menjelaskan nantinya penerima bantuan akan mendapatkan 600 ribu per keluarga dan akan diberikan selama 3 bulan di tengah wabah Corona.

"Jadi Paket sembako ini untuk menunggu kekosongan sampai dengan bansos khusus dari Presiden untuk wilayaah jabodetabek. Durasinya 3 bulan 600 ribu per keluarga," jelas Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini