Sukses

6 Tips Menghindari Kesalahan Atur Anggaran

Saat mengatur anggaran, bisa saja mengambil jalan yang kurang tepat, berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Menentukan anggaran memang bukan hal mudah. Harus mencari tahu target dan berkomitmen keras dalam memenuhi ketentuan anggaran.

Namun, tetap saja ada beberapa kesalahan dalam pengaturan anggaran yang terjadi. Setelah tahu tentang kesalahan ini dan bagaimana cara menghindarinya, tentu akan lebih baik.

Perhatikan tips menghindari kesalahan terkait anggaran yang kerap terjadi, melansir laman Forbes, Selasa (7/4/2020).

1. Mengurangi Tabungan Darurat

Jika hanya membuat anggaran untuk pengeluaran bulanan dan bukan tabungan, anggaran mungkin akan hancur sejak awal. Kehidupan terjadi ketika sibuk membuat rencana lain, dan setiap anggaran yang masuk membutuhkan item penghematan darurat. 

Tips: Untuk menghindari kesalahan penganggaran ini, jadikan tabungan darurat sebagai prioritas. Para ahli merekomendasikan dana darurat selama enam bulan dari gaji, tetapi bisa memulai dari yang kecil untuk menggulirkan upaya tabungan.

Coba tetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai terlebih dahulu, kemudian tetapkan tujuan penghematan. Setelah  mencapai sasaran penghematan itu, tetapkan tujuan baru.

2. Mengandalkan Perkiraan

Membuat anggaran menggunakan dugaan menyisakan banyak ruang kesalahan. Anggaran dimulai dengan mengetahui berapa biaya hidup setiap bulan. Dan tentu saja, itu membosankan untuk duduk dengan melihat semua tagihan dan biaya berulang untuk mendapatkan angka yang akurat.

Angka-angka itu adalah kunci untuk anggaran yang berfungsi dan tumbuh bersama rumah tangga, penghasilan, impian, dan masa depan.

Tips: Untuk menghindari kesalahan penganggaran ini, ambil satu jam (hanya satu jam) dan hitung semua pengeluaran bulanan. Mulailah dengan pengeluaran tetap, seperti sewa atau hipotek.

Pastikan melihat rekening bank dan kartu kredit, termasuk berapa banyak uang yang diambil dari ATM secara tunai. Satu jam saja dapat membantu memastikan bahwa anggaran  nyata dan akurat mencerminkan semua kewajiban bulanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tidak Melacak Pengeluaran

Anggaran bukan alat set-it-and-forget-it. Agar anggaran berhasil, penting bagi untuk rajin melacak ke mana uang pergi dan apa yang dibeli setiap bulan.

Jika  tidak melacak pengeluaran diskresioner, bahkan pembelian kecil yang  dilakukan untuk minum kopi atau makanan ringan, bisa mengeluarkan anggaran dari kekalahan.

Tips : Untuk menghindari kesalahan penganggaran ini, mulailah dari yang kecil. Tetapkan tujuan yang masuk akal untuk melacak pengeluaran  selama satu bulan.

Latihan ini akan memberi  gambaran yang jelas tentang ke mana uang pergi dan dapat melakukan penyesuaian, bahkan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi penganggaran untuk mempermudah pelacakan biaya setiap bulan. Semakin mudah melacak pengeluaran, semakin mudah untuk membangun kebiasaan penganggaran yang baik.

4. Menghentikan Kesenangan

Hidup dengan anggaran mungkin terdengar seolah-olah tidak ada ruang untuk bersenang-senang, tetapi meninggalkan kesenangan dari anggaran bisa menjadi salah satu kesalahan terbesar.

Tidak apa-apa untuk ingin melunasi pinjaman dan kartu kredit secepat mungkin, tetapi juga membutuhkan uang yang memberi waktu untuk menikmati dunia di luar anggaran dan mungkin dapat bersenang-senang setiap saat.

Tips : Untuk menghindari kesalahan penganggaran ini, tambahkan beberapa kesenangan ke dalam anggaran. Anggaran untuk seberapa banyak  ingin menyisihkan untuk melakukan hal-hal seperti menonton film bersama teman atau kegiatan lain yang membawa kepada kegembiraan.

Jika  takut bersenang-senang terlalu banyak, mulailah dari yang kecil dan santai menjadi angka bulanan yang memberi keseimbangan antara tanggung jawab finansial dan kehidupan yang dijalani dengan baik.

 

3 dari 3 halaman

5. Memiliki Harapan yang Tidak Realistis

Ketika duduk untuk membuat anggaran, mungkin terasa cukup untuk mengisi semua angka. Dengan menaruh uang setiap bulan untuk pinjaman siswa  dan  ingin membayar ekstra untuk pembayaran mobil.

Tetapi angka di atas kertas mungkin tidak berfungsi dalam praktiknya. Jangan menyabotase kesempatan  untuk menganggarkan kesuksesan dengan menjadi tidak realistis dengan harapan.

Tips: Untuk menghindari kesalahan penganggaran ini, tetapkan waktu untuk meninjau anggaran  setiap bulan. Jujurlah dengan diri sendiri tentang mengapa mungkin telah melewatkan tujuan keuangan tertentu.

Jika mencapai semua tujuan, tanyakan pada diri sendiri apakah merasa kurang dan jika kehilangan hal-hal yang dulu membuat bahagia untuk menghemat uang.

Anggaran terbaik adalah anggaran yang menggerakkan keseimbangan antara tujuan dan kehidupan yang dijalani setiap hari.Tinjauan bulanan dapat membantu untuk menetapkan tujuan yang realistis dan menyiapkan untuk sukses 

6: Tak Menyiapkan Tabungan Pensiun

Mungkin sudah begitu terbebani dengan pengeluaran bulanan dan melunasi utang sehingga tabungan pensiun diabaikan. Bahkan jika pensiun tampak seperti acara di masa depan yang jauh, maka mulai menabung sekarang.

Tips : Untuk menghindari kesalahan penganggaran ini, pastikan mengambil keuntungan dari program pensiun yang disponsori.

Jangan lupa tentang berbagai opsi paket tabungan pensiun pribadi. Coba buat tabungan pensiun  otomatis, jadi mencapai sasaran keuangan langsung  untuk kehidupan yang diimpikan masa depan.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.