Sukses

Virus Corona Tak Kunjung Jinak, Apa Kabar Inflasi?

Aksi borong mayaralat terhadap bangan pangan dampak penyebaran virus corona mampu mempengaruhi inflasi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan BI memastikan kondisi inflasi akan tetap terjaga di tengah pandemi Corona yang menyebabkan kepanikan global dan berujung melemahnya nilai tukar rupiah hingga mencapai Rp 16.500 per dolar AS.

Hal tersebut dapat terjamin karena ada 4 faktor. Perry menjelaskannya saat menjawab pertanyaan wartawan dalam virtual media briefing, Kamis (26/3/2020).

"Pertama, stok pangan dan barang kita, terutama pangan itu sangat mencukupi. Pemerintah sudah jamin berkali-kali kalau ketersediaan pangan cukup. Jadi inflasi dari bahan pangan rendah," jelasnya.

Faktor kedua adalah secara agregat, permintaan (demand) dan penawaran (supply) terhadap bahan pangan seimbang, sehingga kesenjangan output negatif.

Ketiga adalah kebijakan yang dikeluarkan BI untuk menjaga stabilitas ekonomi dan pasar keuangan memberikan rasa aman dan percaya diri (confidence).

"Oleh karenanya Maret ini kita prediksi inflasi 2,98 persen. Sasaran kita 3 persen plus minus 1 persen Insya Allah akan tercapai, terutama karena koordinasi yang erat dengan pihak terkait," lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelemahan Temporer

Terakhir adalah sifat pelemahan nilai tukar rupiah yang saat ini temporer. Pelemahan rupiah terjadi karena kepanikan global akibat wabah pandemi Corona, yang mana jika masalah virus tersebut teratasi, nilai tukar rupiah akan kembali stabil. Perry juga mengatakan bahwa dua hari terakhir ini nilai tukar rupiah telah mengalami penguatan.

"Nilai tukar rupiah menguat dan stabil. Sejak Selasa lalu mekanisme pasar baik dan bid offer memberlakukan nilai tukar rupiah, Rp 16.250 (per dolar AS), menguat dari hari Senin dan Selasa," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.