Sukses

4 Tips Bangun Hubungan Baik dengan Rekan Kerja saat Kerja dari Rumah

Walau bekerja di rumah, hubungan baik dengan orang-orang di kantor harus tetap dijaga. Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rekan kerja yang baik dapat membantu dan bertahan menghadapi pekerjaan, seperti saat harus menghadapi pandemi. Namun saat bekerja dari rumah akibat adanya kebijakan menjaga jarak, tentu akan ada rasa kehilangan tidak lagi bisa bertemu langsung dengan rekan kerja.

Sebelumnya, teman membantu mendapatkan perspektif, kontrol diri dan menawarkan hal lain saat di tempat kerja. Ketika kita bekerja dari rumah dan dipaksa berpisah secara fisik, pekerjaan pada dasarnya bersifat sosial, dan itu adalah hal langka yang tidak memerlukan kolaborasi dalam jumlah besar.

Selain itu, memiliki teman terbaik di tempat kerja adalah alasan utama orang memilih untuk tetap dengan organisasi.

Jadi, jika kerja sama, kolegialitas, dan persahabatan sangat penting untuk kesuksesan bekerja, bagaimana bisa membangun persahabatan yang kuat saat tidak kantor.

Berikut enam tips menjaga hubungan tetap baik dengan rekan kerja walau kerja di rumah, seperti melansir laman Forbes, Jumat (27/3/2020).

1. Kerjakan tugas bersama

Salah satu cara paling ampuh untuk membangun hubungan di tempat kerja adalah melalui pekerjaan. Membangun tim saat bekerja dalam suatu proyek yang sulit secara bersama-sama, berkolaborasi pada topik yang menantang atau saat menangani pelanggan yang sulit jauh lebih mungkin untuk memastikan koneksi dengan rekan kerja menjadi tahan lama. Hal ini adalah upaya berorientasi tugas yang membangun hubungan paling intens sesama rekan kerja.

2. Hindari Persaingan

Kompetisi tampaknya merupakan bagian dari semua jenis pekerjaan. Namun alih-alih bersaing, bekerja bersama untuk mengalahkan pesaing atau menciptakan inovasi baru yang akan membantu bisnis pulih akan membuat waktu  bersama kolega lebih bermanfaat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bantu rekan kerja maju

Lakukan pekerjaan terbaik sehingga orang lain dapat melakukan pekerjaan mereka juga yang berkaitan. Tindak lanjuti dan tanggap terhadap orang lain di sekitar, sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan dengan lancar.

Terutama ketika ada begitu banyak tantangan sehari-hari dalam menjalani kehidupan dengan cara-cara baru. Merespons orang di tempat kerja akan membantu menghilangkan gesekan ketika ada begitu banyak tantangan lain yang tidak terkait dengan pekerjaan yang harus dihadapi.

4. Mendengarkan

Penelitian baru dari Wake Forest University menemukan tingkat kortisol orang, ukuran tingkat stres secara positif dipengaruhi ketika ada dukungan dari pihak lain yang mendengarkan dan mengakui perasaannya.

Dukungan semacam ini dikenal sebagai "dukungan safe haven." Cari jenis hubungan di mana ada waktu untuk persahabatan dan empati di samping penyelesaian masalah yang diperlukan untuk pekerjaan itu.

 

Reporter : Tiara Sekarini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.