Sukses

Mau Ikut Mudik Gratis BUMN, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini kembali membuka program BUMN Mudik Bareng Tahun 2020. Dalam kesempatan ini, PT Jasa Raharja kembali tampil selaku ketua satgas mudik gratis BUMN ini.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet mengatakan bahwa pada 2020 ditargetkan adanya kenaikan 10 persen jumlah pemudik atau 275 ribu orang. Dibandingkan 2019 dengan jumlah 250 ribu pemudik.

"Karena adanya animo masyarakat semakin meningkat untuk melakukan perjalanan mudik," tegas Dirut Jasa Raharja di Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/3).

Untuk pendaftaran program mudik gratis bareng BUMN, Budi Rahardjo menyarankan pemudik untuk melakukan pendaftaran secara online, yang telah di buka sejak Februari 2020 dengan alamat portal https://mudikbumn.co.id. Hal ini di nilai lebih efisien dan mudah di akses oleh sejimlah pemudik.

"Namun, bagi pemudik yang berencana mendaftar secara offline, bisa menghubungi call center perusahaan BUMN yang terdaftar program mudik gratis bersama. Tapi kan repot," imbuh dia.

Adapun syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh pemudik untuk mengikuti program mudik gratis bumn, yaitu; KTP, SIM C, STNK Motor dan KK. Pada program mudik gratis bumn tahun ini akan menyasar 83 kota keberangkatan dan 103 kota tujuan yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

"Rencana awal keberangkatan program mudik, yakni dengan moda angkutan bus pada tanggal 19 Mei 2020, di GBK Senayan," tandasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

PT Jasa Raharja dan Ditjen Perhubungan Darat Gelar Kegiatan Mudik Natal 2019 & Tahun Baru 2020 Gratis

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bekerjasama dengan PT Jasa Raharja untuk ketiga kalinya melaksanakan Mudik Gratis Natal 2019 & Tahun 2020, mengingat pelaksanaan Mudik Gratis NATARU 2018 berjalan dengan lancar dan sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan mudik.

Mudik Gratis NATARU 2019 mengambil tagline “MUDIK BARENG ASYIK LANCAR”. Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo S. menyampaikan bahwa pada Mudik Gratis NATARU 2019, Jasa Raharja berkontribusi sebanyak 20 bus dan 4 kapal laut atau 2.100 pemudik.

Budi mengatakan tujuan dari kegiatan penyelenggaraan Mudik Gratis NATARU 2019 antara lain :

1. Pengalihan pemudik pengguna sepeda motor ke moda transportasi bus dan kapal laut untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas,

2. Memenuhi keinginan masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk mudik ke kampung halaman,

3. Langkah konkret peran BUMN dalam kegiatan pencegahan kecelakaan,

4. Peningkatan brand awareness dan positioning perusahaan.

Tujuan dan Titik Keberangkatan Mudik Gratis NATARU 2019 melalui moda Transportasi Bus dan Kapal Laut akan diberangkatkan dari 6 Titik Keberangkatan (2 Titik di Pulau Jawa dan 4 Titik di luar Pulau Jawa) dan terdiri dari 9 Kota Tujuan (5 Titik di Pulau Jawa dan 4 Titik di luar Pulau Jawa) dengan rincian :

- Moda Bus : 20 unit membawa 960 pemudik

- Moda Kapal Laut : 4 trip membawa 1.140 pemudik

Dari beberapa pemudik yang diwawancara oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) mengungkapkan sangat terbantu dengan adanya Mudik NATARU 2019 dengan fasilitas moda Transportasi yang nyaman.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: