Sukses

6,2 Juta Orang Sudah Lapor SPT Pajak 2019

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat hingga per 9 Maret 2020, sudah 6,2 juta orang yang melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahun pajak 2019. Angka ini meningkat sebanyak 34 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang hanya 4,2 juta orang.

"Posisi 9 Maret kemarin, bahwa SPT yang sudah disampaikan dan diterima 6,2 juta SPT. Meningkat 34 persen," kata Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo di Kantornya, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

SPT Pajak yang disampaikan masyarakat tersebut sebagian besar sudah menggunakan elektronik atau efilling.

Sementara jumlah laporan disampaikan secara manual tercatat turun, yakni berada di posisi 262 ribu, dari total sebelumnya masih mencapai 333 ribu orang.

"Dan ini sebagain besar efiling dan sudah mulai berkurang penyampaian manual. Meski kami masih buka kesemaptan untuk wajuib pakak sampaikan manual," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Satuan Tugas

Sebagai antisipasi lonjakan laporan SPT, pihaknya sudah memuat tim satuan tugas penanganan dalam kegiatan penerimaan SPT.

Satuan tugas ini akan berfungsi mengawal sistem informasi yang digunakan DJP untuk pelaporan SPT sampai selesai April 2020 mendatang.

"Untuk mengantisipasi beban, kami bukakan 2 kali lipat dari sebelumnya. 10 server tadinya sekarang jadi 20 untuk menerima lonjakan penyampaian SPT di penghujung Maret 2020," ungkap dia.

Di sisi lain, untuk menggenjot wajib pajak dalam menyampaikan SPT pihaknya juga sudah menghimpun sebanyak 7.700 relawan yang terdiri dari mahasiswa. Mahasiswa tersebut secara aktif menyampaikan sosialisasi, dan menbantu wajib pajak mengisi SPT.

"Kami juga kerjasama ikatan konsultan ada dua ikatan, kami minta mereka untuk sebarkan cerita cara laporkan SPT sampai batas waktu yang disediakan UU," sebut dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: