Sukses

Transaksi di UKM Stasiun MRT Gunakan Teknologi Kasir Digital

Liputan6.com, Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta menggandeng Moka terkait penyediaan layanan point of sale (POS) untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjajakan produknya di area stasiun MRT Jakarta.

Alasan pihak MRT bekerjasama dengan MOKA, karena Moka berperan untuk menyediakan fasilitas layanan berupa hardware, software sekaligus pelatihan khusus bagi para merchant untuk penggunaan sistem kasir digital.

Selain itu, kerja sama yang terjalin antara MRT Jakarta dan Moka didasari pada benang merah bahwa kedua lembaga mengedepankan teknologi dan kecepatan, di mana Moka memberikan kemudahan dalam berbisnis berbentuk aplikasi sistem kasir dan Moda Raya Terpadu (MRT) yang menjadi solusi transportasi baru.

VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan, mengatakan kerja sama ini sejalan dengan komitmen Moka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dan industri dalam menciptakan ekosistem terdepan bagi pelaku usaha di Indonesia.

“Telah menjadi visi kami untuk selalu memberikan solusi bagi para pelaku usaha, mulai dari UKM sampai dengan skala perusahaan besar (enterprise). Kini, semua UKM yang berjualan di stasiun MRT Jakarta sudah menggunakan layanan POS dari Moka, sedangkan untuk enterprise masih dalam tahap integrasi melalui salah satu produk kami yaitu Moka Connect. Dua entitas enterprise yang telah menggunakan Moka di stasiun MRT adalah Bakmi GM dan Kaizen,” kata Bayu dalam Diskusi Terbatas: Peluncuran Kerjasama Moka dan MRT Jakarta, di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Kendati begitu, Moka bertujuan untuk memberikan tiga manfaat utama dari kemitraan ini. Pertama, mendukung transformasi digital UKM dengan sistem kasir digital.

Kedua, memberikan ruang bepergian yang nyaman bagi para penumpang MRT dengan pelayanan UKM yang efisien, serta ketiga, memfasilitasi MRT Jakarta dengan sistem terintegrasi agar dapat optimal dalam menarik merchant kredibel.

2 dari 4 halaman

Metode QR Code

Perpaduan Moka dan MRT Jakarta memberikan kemudahan para pengunjung dan juga UKM untuk melakukan aktivitas yang lebih progresif karena dapat bertransaksi dengan lebih cepat dan efisien melalui teknologi.

Misalnya saja, penerimaan pembayaran dengan metode QR code dari berbagai mobile payment dapat mempersingkat waktu antrian dan mempercepat proses transaksi. Selain itu, UKM dapat dengan mudah menerima transaksi pembayaran digital dan memanfaatkan diskon nasional dari berbagai penyedia mobile payment yang telah terintegrasi dengan Moka. 

Dengan menggunakan Moka, kini UKM dapat mengetahui laporan digital lengkap mulai dari produk yang terjual paling laku, serta waktu terpopuler dalam transaksi.

Dalam waktu aktif tiga bulan terakhir, Moka mencatat transaksi di seluruh UKM stasiun MRT Jakarta hingga lebih dari 6.000 transaksi, dengan nilai rata-rata transaksi lebih dari Rp 251 juta setiap bulannya.

Kebanyakan transaksi untuk seluruh produk terdapat di hari kerja pada kisaran waktu 07.00 - 09.00 pagi dan 17.00 - 19.00 sore, dengan produk favorit berupa makanan ringan. Transaksi mobile payment juga berkontribusi hingga 26 persen dari total transaksi.

 

3 dari 4 halaman

Pengalaman Transaksi

Selanjutnya, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin, juga mengatakan dengan adanya kolaborasi bersama Moka, sangat membantu menambah pengalaman mobilitas masyarakat selama menggunakan layanan MRT Jakarta, baik dalam menunjang kebutuhan mobilitas mereka, maupun pengalaman transaksi di setiap gerai UKM yang tersedia.

“Kami sangat mengapresiasi banyak pihak yang telah mendukung program pengembangan UKM di MRT Jakarta, salah satunya seperti Moka sebagai fasilitator pelatihan sekaligus penyedia POS, sehingga proses transaksi dapat lebih mudah dan cepat,” kata Muhammad.

Sementara itu, UKM yang menempati stasiun MRT ini sebelumnya sudah dilakukan melalui proses kurasi oleh tim ahli dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Tahapan pengumuman dan pendaftaran telah dimulai sejak 24 Januari 2019 dan kini seluruh UKM yang terpilih sudah menempati lima stasiun MRT dengan lokasi strategis, yaitu Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, dan Stasiun Dukuh Atas BNI.

Kerja sama ini menandakan bahwa Moka telah siap dan terus terbuka untuk menggandeng tidak hanya pelaku usaha, namun juga lembaga maupun badan usaha milik swasta dan pemerintah. Untuk kedepannya Moka dapat mendukung banyak pihak dalam mendigitalisasi sistem kasir sehingga tercipta kondisi bisnis yang efektif dan efisien.   

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

5 Rekomendasi Film untuk Temani Selama Work From Home
Loading