Sukses

Sinergi Pembangunan Pertanian Sumatera Barat Melalui Kostratani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berpesan untuk Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berpesan untuk Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern tidak bisa di wujudkan Kementerian Pertanian semata, itu kerja bersama dan melibatkan bebagai macam pihak. Jadi membangun pertanian butuh kerja sama dan sinergi yang baik antar pemerintah baik pusat dan daerah. 

Pesan tersebut di sampaikan oleh Dedi Nursyamsi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, yang hadir mewakili Menteri Pertanian, saat menjadi nara sumber dan memaparkan materi Pembangunan Pertanian melalui Kostratani.

Paparan disampaikan pada Acara Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota se-Sumatera Barat serta Sosialisasi Sensus Penduduk Se Sumatera Barat Tahun 2020 di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (26/2/2020).

“Kostratani merupakan salah satu upaya membangun pertanian yang maju mandiri modern, sebagai upaya optimalisasi fungsi BPP di tingkat kecamatan berbasis IT dengan Penyuluh sebagai ujung tombak nya ujar Dedi

Dengan IT, seluruh kegiatan, pelatihan akan di lakukan di BPP dengan dukungan teknologi dengan peran sebagai Pusat Data, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Konsultasi Agribisnis dan Pengembangan Jejaring Kemitraan.

Sebelum nya saat membuka Rapat Koordinasi, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyampaikan:

“Rapat Koordinasi Perdana kita buka dengan berbagai Topik salah satunya Pertanian, Kostratani adalah salah satu gebrakan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dengan memperkuat BPP di tingkat kecamatan berbasis IT, fungsi penyuluh makin diberdayakan secara aktif dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan petani ujar Irwan saat membuka Rapat Koordinasi

“Kita berharap dengan pelaksanaan rapat koordinasi ini dapat ditingkatkan sinergitas antar lembaga dan hadir nya nara sumber dapat kita ambil manfaatnya bersama. Ujar Irwan saat menutup arahan sekaligus membuka rapat koordinasi secara resmi

Hadir pada Rapat Koordinasi kali ini, Bupati dan Walikota se provinsi Sumatera Barat, Narasumber dari Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan dinas terkait.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.