Sukses

Presdir Alfamart Sabet Penghargaan Best CEO 2019, Pemanfaatan Big Data jadi Kunci Suksesnya

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), Anggara Hans Prawira, berhasil menyabet penghargaan Best CEO 2019 oleh SWA bertempat di Shangri La Hotel Jakarta, Kamis (13/2).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), Anggara Hans Prawira, berhasil menyabet penghargaan Best CEO 2019 oleh SWA bertempat di Shangri La Hotel Jakarta, Kamis (13/2). 

Penghargaan Best CEO yang digelar sejak tahun 2002 berdasarkan hasil skor leadership dan komitmen karyawan yang diperoleh melalui pengolahan data survei. 

Sepak terjang Anggara Hans Prawira dimulai ketika ia bergabung tahun 2001 ketika masih bernama Alfa Minimart, saat itu Hans masih menjabat direktur keuangan. Setelah setahun IPO, ia diangkat menjadi Direktur Pengelola dan puncaknya sejak tahun 2014 dipercaya menduduki posisi presdir. 

“Agenda transformasi bisnis Alfamart kita ubah. Paradigma standarisasi diubah ke arah customization, bahkan personalization. Ini dimungkinkan dengan pemanfaatan teknologi digital melalui tools bisnis dan big data,” kata Hans. 

Ia memastikan semua tim untuk mengambil keputusan berdasarkan data, sehingga tidak hanya karena justifikasi, pengalaman, kebiasaan atau asumsi saja. Sekaligus membekali perusahaan dengan pengembangan konsep digital agar terhindar dari disrupsi teknologi yang masif. 

Pengembangan digital business melalui enam pilar pun dilakukan. Yakni, Alfa Gift (loyalty program), Alfacart (agregator platform consumer goods), Alfamind (toko virtual Alfamart), Alpa Pop (Point of Purchase, belanja produk yang tidak dijual di toko Alfamart), Alfa Mikro (memudahkan distribusi barang mitra binaan pemilik warung kelontong) dan Alfatrex (layanan logistik dan courier services).

“Keenam pilar bisnis ini akan terus kita kembangkan. Tentunya dengan membaca apa yang menjadi kebutuhan pasar dan apa yang mereka miliki untuk bisa dioptimalkan,” tambah Hans.

Bicara soal kepemimpinan, Hans mengungkapkan strateginya dalam menjalankan peran sebagai CEO Alfamart. Ia senantiasa berusaha menempatkan diri di waktu yang tepat, bisa di depan, tengah ataupun di belakang, seperti ajaran Ki Hajar Dewantara. 

“Bisnis retail itu bisnis detail. Maka kunci utamanya totalitas untuk terjun langsung agar tahu kondisi detail di toko. Bahkan Direksi harus turun ke semua cabang dan mengunjungi toko terjauh. Tujuannya, berdialog, mendengar dan memotivasi semua karyawan Alfamart,” pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini