Sukses

PODCAST Bisnis: Imbas Virus Corona ke Ekonomi Indonesia

Langkah antisipasi pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus Corona berdampak besar kepada target pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak Virus Corona telah terlihat perekonomian di Indonesia. Pemerintah telah mengambil langkah antisipasi dengan menutup jalur penerbangan dari dan ke China, memperketat akses turis China, hingga membatasi proses ekspor dan impor.

Tentu saja, langkah antisipasi ini berdampak besar kepada target pertumbuhan ekoomi secara nasional. Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengakui bahwa virus Corona menjadi tantangan utama Indonesia di awal 2020.

"Konsensus mengatakan Virus Corona bisa memengaruhi perekonomian kita sebesar 0,1 persen hingga 0,29 persen," ujar dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pelemahan ekonomi China yang berdampak bagi seluruh dunia termasuk Indonesia, tergambar pada kondisi ekonomi kuartal-I 2020.

"Tapi kuartal I rasanya akan sangat sulit dan itu pengaruhnya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia baik jalur tourism, harga komoditas dan ekspor kita secara umum," jelasnya.

Nah, untuk bagaimana langkah antisipasi pemerintah terhadap dampak Virus Corona ke sektor ekonomi, simak obrolan jurnalis kanal bisnis Liputan6.com Septian Deny dan Nurmayanti dalam podcast berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.