Sukses

Ingin Jadi Content Creator Instagram dan YouTube, Ikuti 5 Tips Suksesnya

Apa saja hal yang harus dilakukan bila ingin sukses jadi Content Creator Instagram dan YouTube

Liputan6.com, Jakarta Fasilitas teknologi dan internet saat ini sangat mendukung berbagai kegiatan, bahkan menyediakan pekerjaan baru.

Untukmu yang kreatif dan tertarik menjadi pengisi konten, Instagram, dan YouTube punya banyak peluang. Konten keduanya dapat dibuat dalam beragam tema dan dikreasikan.

Ingin sukses jadi content creator? Bersiaplah untuk ikuti tips sukses lengkap dari Swara Tunaiku berikut:

1. Membuat Konten Sesuai Passion

Membuat suatu konten tidak bisa seenaknya, jika ingin mensukseskan konten yang dibuat. Pikirkanlah konsep yang matang dan apa manfaatnya untuk orang lain.

Mulailah dengan mengenal passion yang kamu miliki. Gali lagi bakat atau hobimu agar dapat membuat konten yang berbobot dan sukses di media. Kamu bisa pilih konten beauty, travelling, fotografi, gaming, lukisan, dan sebagainya.

Setiap bidang yang kamu mampu, dapat dijadikan tema dengan konsep yang kreatif. Pengembangan konsepnya dapat diciptakan dengan mengikuti tren yang sedang hangat diperbincangkan atau yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Kemaslah konten tersebut secara menarik dan gunakan gaya penyampaian yang atraktif dan komunikatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Update dengan Tren Terbaru

Sudah disinggung sebelumnya bahwa membuat konten juga harus mengikuti tren yang sedang berkembang. Tujuannya agar menarik dan memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Alhasil, kontenmu juga banyak peminatnya, bahkan lama-lama banyak penggemarnya yang setia menunggu karya-karyamu berikutnya. Jadi, teruslah berkarya dan pertahankan ciri khasmu.

3. Punya Karya Original dengan Ciri Khas

Keaslian karya itu sangat penting dan perlu dipertahankan agar kontenmu dapat dipercaya orang lain. Buatlah karya yang lahir dari ide sendiri.

Boleh saja mencari inspirasi dari konten orang lain yang menarik, tetapi usahakan sebagian besarnya adalah idemu sendiri. Boleh saja meminta saran keluarga, teman dekat, atau relasimu atas konten karyamu agar makin bagus pastinya.

Tetaplah menggunakan gaya sendiri dengan sentuhan unik yang berbeda. Lama-lama, kontenmu akan dikenal dan seseorang akan mengenali bahwa itulah konten buatanmu.

Untuk mampu menciptakan konten yang sehebat itu, kamu perlu belajar bertahap dan berkelanjutan. Hasilnya, semakin banyak orang yang mengenalmu sebagai content creator. Klien juga bertambah.

3 dari 3 halaman

4. Multitasking

Kemampuan multitasking merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin jadi content creator yang sukses. Kemampuan multitasking ini akan meningkatkan kualitas kontenmu di Instagram ataupun YouTube.

Sebagai contoh, kamu harus mampu membuat wording yang readable, menghasilkan potret yang hidup, menghasilkan editing yang menarik, mengatur feed yang keren, dan mampu menggunakan setiap fitur media secara optimal.

Selain itu, gaya penyampaian dalam video juga harus menarik, komunikatif, dan unik. Pasti, akan banyak orang yang menyukai kontenmu.

5. Punya Target dan Konsisten

Teruslah belajar untuk mengasah kemampuanmu di bidang yang kamu mampu. Asah terus passion-mu agar terus menciptakan konten yang makin menarik.

Jangan ragu dengan dirimu. Percaya diri dan lakukan yang terbaik demi peningkatan branding dirimu sebagai content creator. 

Ciptakan target dalam pembuatan konten dan dalam mempelajari sesuatu yang baru agar pencapaianmu makin optimal. Teruslah melakukannya agar kamu terlatih untuk konsisten terhadap apa yang sudah kamu mulai. 

Beragam hal di atas sangat memudahkanmu untuk berkarya dan berkreasi dalam ruang digital. Instagram dan YouTube adalah media yang sangat populer untuk membuat konten menarik dan terkenal.

Kamu harus terus berinovasi dan tetap mempertahankan ciri khas yang dimiliki. Hal ini akan membuatmu lebih dikenal. Pendapatan mengalir dari pihak yang tertarik dengan kontenmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini