Sukses

Dimulai Serentak 27 Januari, Cek Instansi yang Gelar Tes CPNS 2019

Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi atau memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti Tes CPNS SKD sebanyak 3.364.868 peserta.

Liputan6.com, Jakarta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2019 digelar serentak mulai Senin, 27 Januari 2020.

Rencananya, Kepala BKN dakan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pada pukul 08.00 WIB. Di hari perdana pelaksanaan SKD, Tilok BKN Pusat memfasilitasi pelaksanaan SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN.

“Berkaitan dengan kesiapan sarana dan prasarana, Tilok BKN Pusat memiliki 450 personal computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2250 peserta,” ungkap Plt. Kepala Biro Humas Paryono, seperti dikutip Sabtu (25/1/2020) di BKN Pusat.

Dia menuturkan, Pelaksanaan SKD di BKN Pusat setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit.

Selanjutnya pelaksanaan SKD juga akan berlangsung di sejumlah titik lokasi (Tilok) BKN yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain 13 Kantor Regional (Kanreg), 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan sejumlah Tilok mandiri.

Berikut instansi yang melaksanakan SKD di tanggal 27 Januari 2020 antara lain instansi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Arsip Nasional, Mahkamah Agung, Kementerian Agama, LHK, BPOM, Bawaslu.

Kemudian Setjen KPU, Badan Pemeriksa Keuangan, Pemkot Ternate, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Sosial, Kementerian Pertanian, BKKBN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Badan Narkotika Nasional, KemenPAN RB, Ombudsman RI, Kemenristekdikti, Kota Batam, dan sejumlah Pemda.

Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi atau memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 peserta, dari jumlah pendaftar sebanyak 4.433.029 orang.

Terkait ratusan petugas CAT yang sudah disiapkan BKN, telah menjalanlan sejumlah pelatihan dan menandatangani Pakta Integritas dalam rangka menjaga kepercayaan publik dan mengawal pelaksanaan seleksi CPNS yang transparan.

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepercayaan Masyarakat Soal Tes CPNS Diklaim Meningkat

Seleksi administrasi telah dilalui para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Tahap selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan digelar mulai 27 Januari 2020.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, pemerintah menjamin seleksi CPNS lebih kompetitif, adil, objektif, transparan, dan bebas dari tindak KKN.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian mengatakan, berkat tes dengan sistem CAT ini, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam perekrutan CPNS meningkat sebab tidak ada lagi celah untuk titip-menitip.

"Dulu, seleksi CPNS identik dengan kongkalikong dan kecurangan. Namun sekarang sudah tidak ada lagi," tegas Andi dalam sebuah keterangan tertulis, Jumat (24/1/2020).

CAT sendiri merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi CPNS.

Tujuannya untuk memperoleh ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, dan etika profesi dalam melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.
    Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.

    Tes CPNS

  • SKD CPNS adalah salah satu rangkaian seleksi untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

    SKD CPNS

  • Tes SKD CPNS adalah tes yang dilakukan oleh peserta CPNS setelah lulus pada tahap seleksi administrasi.

    Tes SKD CPNS

  • BKN atau Badan Kepegawaian Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki tugas memanajen kepegawaian negara.

    BKN

  • CPNS 2019