Sukses

Ini Alasan Erick Thohir Tunjuk Irfan Setiaputra Pimpin Garuda Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia resmi menunjuk mantan Dirut PT Inti Irfan Setiaputra sebagai direktur utama dan Dony Oskaria sebagai wakil direktur utama berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (22/1/2020).

Hal tersebut ditanggapi dengan baik oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam pernyataan kepada wartawan, Erick berharap Irfan dapat menjalankan amanahnya dengan baik.

"Kami di Kementerian BUMN berupaya mencari figur terbaik yang akan duduk mengelola flight carrier kita, Garuda Indonesia. Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip Good Corporate Governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi," ungkap Erick, seperti ditulis Rabu (22/1/2020).

Lebih lanjut, Erick juga menanggapi ditunjuknya mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia.

"Pak Triawan Munaf dengan semua pengalaman Beliau tentu akan mampu memberikan masukan strategi pemasaran dan meningkatkan citra Garuda Indonesia yang sempat terganggu," lanjut Erick.

 

2 dari 4 halaman

Soal Yenny Wahid

Kemudian, diangkatnya Yenny Wahid sebagai komisaris independen diharap dapat membawa kinerja perseroan menjadi lebih baik lagi.

"Khusus untuk Ibu Yenny Wahid, figur perempuan yang sangat mumpuni, Bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya," ujar Erick.

3 dari 4 halaman

Sah, Irfan Setiaputra Ditetapkan Jadi Dirut Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Hasilnya, Irfan Setiaputra ditetapkan menjadi Dirut Garuda Indonesia menggantikan Ari Ashkara.

RUPSLB Garuda Indonesia sendiri diadakan di Auditorium Garuda City Center (GCC) Garuda Indonesia Management Building, Komplek Perkantoran Soekarno Hatta.

"Direktur Utama dijabat oleh Irfan Setyaputra," ujar mantan Komisaris Utama Garuda Indonesia, Sahala Lumban Gaol di Tangerang, Rabu (22/1/2020).

Irfan Setiaputra sebenarnya bukan orang baru di BUMN. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT INTI (Persero) di era Menteri BUMN kala itu, Sofyan Djalil.

Tidak hanya penetapan dirut, RUPSLB juga menetapkan beberapa nama sebagai komisaris baru Garuda Indonesia. Nama-nama tokoh masyarakat mengisi jabatan ini. Dia adalah Triawan Munaf hingga putri Presiden Republik Indonesia ke-4, Yenny Wahid.

Komisaris:

1. Komisaris Utama: Triawan Munaf

2. Wakomut Komisaris: Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen : Yenny Wahid

4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan

5. Komisaris : Peter Gontha

Direksi:

1. Direktur Utama : Irfan Setiaputra

2. Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria

3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal

4. Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea

5. Direktur Human Capital : Aryaperwira Adileksana

6. Direktur Teknik : Rahmat Hanafi

7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi

8. Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sri Mulyani dan Erick Thohir Diklaim Karya Golkar
Artikel Selanjutnya
Erick Thohir Tunjuk Mohammad Abdul Ghani Jadi Dirut PTPN III Holding