Sukses

19 Bandara di Bawah Angkasa Pura II Gelar Ramp Safety Campaign

Ramp Safety Campaig dipakai untuk memberikan dan mengingatkan kembali pemahaman atas aspek-aspek keselamatan kebandarudaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meingkatkan sisi keamanan di udara dan darat, PT Angkasa Pura II kembali melakukan Ramp Safety Campaign serentak di 19 bandara yang dinaunginya, Rabu (22/1/2020). Salah satunya yang terpantau di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, di gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Dalam kegiatan tersebut sekaligus dilaksanakan Terminal Safety Campaign dan sosialisasi Bulan K3 Nasional, yang diikuti lebih dari 400 personel gabungan Komunitas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Kombata).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II M. Awaluddin mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan dan mengingatkan kembali pemahaman atas aspek-aspek keselamatan kebandarudaraan.

"Sinergi antar stakeholder harus terus dilakukan perihal aspek safety. Selain itu, harus juga terus mengembangkan pemahaman tentang aspek safety, karena sangat penting di dalam pengelolaan bandara, terutama membuat nyaman para penumpang ataupun pengunjung," ujar Awaluddin.

Untuk itu, kata dia, untuk kegiatan kali ini, dilakukan dengan dua arah, di mana adanya talkshow dengan para stakeholder Bandara Soekarno-Hatta bukan hanya sekadar apel bersama.

"Jadi yang biasanya sifat satu arah, sekarang dua arah, sehingga dari seluruh stakeholder bisa memberikan masukan bagaimana safety level kebandarudaraan ini meningkat lebih baik," jelasnya.

Untuk di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saja, dia menegaskan akan melakukan peningkatan level safety di beberapa area yang memiliki potensi risiko yang cukup tinggi. Di mana, hal tersebut dilakukan dengan menggunakan teknologi dan sistem yang baik.

"Yang pertama adalah operasi di ramp area yang cukup punya potensi risiko tinggi. Sebab, pergerakan take off dan landing pesawat di sini itu mencapai 1.200," kata Awaluddin.

Artinya, itu membawa juga pergerakan dari aspek lainnya seperti ground support, equipment-nya kemudian ground handling-nya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SDM Mumpuni

Tak hanya itu, di seluruh terminal kedatangan dan keberangkatan pun saat ini menjadi salah satu fokus. Sebab, bukan hanya penggunaan teknologi namun juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

"Dengan luasan yang luar biasa, contoh Terminal 3 saja 400 ribu persegi jadi luasan yang segitu titik pengawasannnya harus banyak dengan menggunakan teknologi dan sebagainya, jadi kembali lagi pada akhirnya SDMnya juga harus punya pemahaman dan safety levelnya juga ditingkatkan," tandasnya.

Menurut Awaluddin, kampanye keselamatan ini diberlakukan di seluruh bandara yang berada dibawah naungan PT AP II, termasuk tiga bandara yang baru bergabung per 1 Januari 2020. Seperti Bandara Bengkulu, Bandara Intel 2 Lampung dan Manan Judin Belitung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.