Sukses

Trik Hindari Penipuan saat Belanja Pakai Kartu Kredit

Berikut cara aman atau menghindari penipuan saat belanja online menggunakan kartu kredit

Liputan6.com, Jakarta Di era digital seperti sekarang ini, orang mudah melakukan transaksi virtual, termasuk berbelanja. Dari membeli kebutuhan sehari-hari, fesyen, hobi, hingga kendaraan sekalipun. Semuanya bisa dilakukan melalui komputer maupun gadget saja. 

Ya, saat ini kita dimanjakan oleh kehadiran sejumlah situs belanja online atau sering disebut e-commerce, yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. 

Berbicara mengenai sistem pembayaran dalam belanja online, Anda tentunya sudah tidak asing dengan metode pembayaran yang tersedia, bukan? Sebut saja cash on delivery (COD), e-wallet, rekening bersama, transfer, dan kartu kredit.

Seperti diketahui, kartu kredit sering kali menawarkan beraneka macam promo untuk belanja online. Namun, tentu ada sejumlah hal yang harus kita perhatikan agar transaksi online menggunakan kartu kredit ini aman.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut cara aman atau menghindari penipuan saat belanja online menggunakan kartu kredit, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Teliti Melihat Nama Situs Toko Online

Sebelum berselancar dan membeli barang, lihat dan telitilah terlebih dahulu nama yang dimiliki situs toko online tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi jenis penipuan yang biasa disebut TypoSquatting dan CyberSquatting.

Keduanya merupakan suatu bentuk kejahatan digital yang acap kali berhasil mengecoh para pengguna internet. Caranya? Dengan menduplikasi baik tampilan dan nama situs.

Sebagai contoh, situs toko online yang asli memiliki nama tokomobil11.com, lalu situs tiruannya memiliki nama tokomobill11.com.

Jika tidak teliti, kita bisa saja masuk ke situs yang palsu dimana berpotensi untuk mendatangkan kerugian finansial akibat data kartu kredit yang berhasil dicuri.

Oleh sebab itu, pastikan Anda tahu nama situs toko online yang hendak dikunjungi dan perhatikan saat mengetiknya di Address Bar maupun melalui mesin pencari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Belanja Hanya di Toko ‘Online’ Resmi

Pilihlah toko online yang punya reputasi baik atau resmi dan terpercaya agar Anda tak ragu belanja menggunakan kartu kredit. Dengan demikian bisa meminimalisir risiko penipuan atau pencurian data kartu kredit Anda.

Ini penting diperhatikan, karena umumnya situs resmi tersebut sudah dikelola dengan baik sehingga sistemnya dijamin aman.

Kalau pun seburuk-buruknya ‘kebobolan’, maka pihak e-commerce tersebut akan secara profesional menyelesaikan masalah Anda dengan cepat. Namun jangan khawatir karena hal ini hampir tidak pernah terjadi.

Sebisa mungkin hindari berbelanja di media sosial atau forum-forum yang masih diragukan kredibilitasnya, karena--meskipun tak semuanya--ada yang memang sengaja ingin menipu calon pembeli.

Jangan mudah percaya dengan embel-embel harga murah yang ditawarkan. Lebih baik merogoh kocek lebih ketimbang rugi besar karena barang yang dipesan tak kunjung sampai.

3. Belanjalah Melalui Komputer daripada Gadget

Meskipun tidak banyak, tapi ada sejumlah kasus pencurian data kartu kredit yang berawal dari transaksi melalui pernagkat smartphone atau gadget maupun tablet.

Oleh karenanya, antisipasi hal ini dengan sebisa mungkin menggunakan perangkat komputer atau laptop saat hendak belanja online memakai kartu kredit. Sedia payung sebelum hujan adalah langkah yang bijak, bukan?

3 dari 3 halaman

4. Jika Situs Menggunakan Payment Gateaway, Pastikan Semuanya Sesuai

Ketika sudah menentukan barang yang hendak dibeli, kita akan diarahkan menuju laman checkout untuk kemudian melakukan pembayaran.

Nah, beberapa situs toko online menggunakan jasa payment gateaway untuk sistem pembayarannya, terutama pembayaran melalui kartu kredit ini.

Perhatikan segala informasi dan langkah-langkah yang harus dilakukan pada laman pembayaran tersebut telah sesuai.

Atau, agar lebih meyakinkan lagi, Anda bisa coba untuk menghubungi customer service dari toko online yang bersangkutan. Jika memang benar, maka lanjutkan melakukan pembayaran.

5. Install Anti-Virus dan Anti Malware

Virus dan malware sudah jadi hal yang tidak bisa dihindari di dunia maya. Nah, Anda harus berhati-hati karena ada sejumlah malware yang diprogram untuk bisa melakukan pencurian data, termasuk data kartu kredit.

Oleh karena itu, pastikan perangkat komputer sudah dilengkapi dengan software, baik itu Anti-Virus maupun anti Malware. Jika belum, segera install sekarang juga.

Berbelanjalah dengan Aman dan Nyaman

Setelah membaca lima tips aman belanja online di atas, kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk belanja menggunakan kartu kredit secara online dengan segudang benefit yang ada di dalamnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.