Sukses

5 Hal yang Harus Disiapkan Pencari Kerja di Awal Tahun

Berikut persiapan awal tahun 2020 untuk si pencari kerja

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin akhir tahun lalu (Desember 2018) bukan waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan kebanyakan perusahaan sedang sibuk untuk membereskan laporan akhir tahun.

Namun berbeda dengan saat ini. Kini kita telah memasuki babak baru, yaitu tahun 2020. Memasuki tahun baru, sebagian orang--termasuk Anda--telah menentukan impian dan keinginannya.

Apakah pekerjaan baru juga termasuk impian Anda di tahun baru? Jika ya, maka Anda kemungkinan tidak sendiri. Karena berdasarkan fakta yang dirangkum dari berbagi sumber, periode awal tahun (bulan Januari dan Februari) merupakan waktu favorit untuk mencari pekerjaan baru.

Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan agar dapat bersaing dengan para pelamar lainnya? Mengutip Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker dan berbagai sumber, berikut persiapan awal tahun 2020 untuk si pencari kerja:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perbarui berkas lamaran

Tugas Anda adalah mulai mencari tahu bentuk surat lamaran atau format CV yang relevan untuk mencari kerja di tahun 2020. Apakah perusahaan masih menerima berlembar-lembar berkas lamaran atau justru menyukai resume yang singkat dan padat?

Anda bisa bertanya pada teman yang bekerja di divisi sumber daya manusia (SDM) atau bertanya pada kolega yang mendapatkan pekerjaan baru akhir-akhir ini.

2. Poles tampilan media sosial

Hapus beberapa foto yang tidak layak, ujaran kebencian ketika sedang emosi, dan berbagi artikel berlebihan di media sosial. Faktanya, beberapa unggahan tersebut bisa memberikan pesan yang salah untuk perekrut.

Yuk, mulai poles media sosial dengan baik untuk menunjukkan persona diri Anda di mata perekrut.

3 dari 4 halaman

3. Tingkatkan keterampilan

Pahami kekurangan Anda dalam hal keterampilan kerja. Anda bisa melakukan persiapan dengan mengambil kursus online singkat untuk meningkatkan keterampilan, membaca buku untuk menambah keahlian yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian di tahun 2020, atau mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK).

4. Bergabung komunitas sesuai hobi

Anda bisa juga mulai mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobi. Karena ada sejumlah manfaat positif yang bisa diperoleh seperti memperluas pergaulan, mengasah kemampuan, sampai mendapatkan informasi paling update saat khalayak ramai belum mengetahuinya.

Komunitas yang bisa Anda pilih, seperti kuliner, olahraga lari, fotografi, blogger, film, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

5. Manfaatkan peluang yang ada

Anda harus mencari dan mencoba peluang yang ada. Misalnya di bidang IT, Anda dapat membuka kursus privat internet dan komputer, dari blogger menjadi seorang designer web, menjadi salesman dan konsultan kecil-kecilan baik di bidang hardware maupun software, juga membuka usaha jasa service dan reparasi komputer. Atau di luar itu semua, Anda dapat mulai berwirausaha.

Yuk, sama-sama persiapkan diri terbaik agar bisa mendapat kerja sesuai yang kita inginkan di tahun 2020 ini. Semangat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini