Sukses

Jadi Alat Pembayaran Paling Digemari, Yuk Cek Cara Kerja PayLater

Liputan6.com, Jakarta Seiring berkembangnya teknologi terutama dibidang digital, segala hal yang berkaitan dengan finansial pun semakin lebih praktis. Salah satu kepraktisan yang dirasakan berkaitan dengan sistem pembayaran digital. 

Adalah PayLater. Ini adalah sistem pembayaran yang menawarkan transaksi online atas pembelian barang dan jasa, dengan metode beli sekarang bayar nanti (Buy Now Pay Later/BNPL) ataupun pelunasannya dilakukan secara mencicil. Sistem pembayaran ini mulai diterapkan di sejumlah e-commerce, baik melalui website ataupun aplikasi. 

Tapi sudah tahukah kamu bagaimana cara kerja fitur PayLater? Meski jenis sistem pembayaran ini telah tersedia selama bertahun-tahun, popularitasnya meledak di masa pandemi di mana kegiatan belanja konvensional beralih ke belanja online, semua orang bisa belanja dari mana saja dan kapan saja tanpa harus berpindah tempat. Biar lebih jelas, yuk bahas cara kerjanya berikut ini: 

2 dari 6 halaman

Beli Sekarang, Bayar Nanti

Beli Sekarang, Bayar Nanti adalah salah satu jenis pinjaman cicilan yang memungkinkan kamu sebagai konsumen untuk membeli suatu barang dengan melakukan pembayaran berjangka. Sistem ini membagi pembelianmu menjadi beberapa pembayaran, dengan jangka waktu yang sudah ditentukan, dari mulai beberapa bulan hingga satu tahun.

Cara kerja sistem pembayaran Beli Sekarang, Bayar Nanti mirip dengan kartu kredit, semakin kecil periode pembayaran yang kamu pilih, maka semakin kecil bunga yang harus dibayarkan. 

3 dari 6 halaman

Bedanya dengan Kartu Kredit

Sistem pembayaran PayLater atau Beli Sekarang, Bayar Nanti memang bisa dikatakan mirip dengan sistem pembayaran kartu kredit. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang mendasar di antara kedua sistem pembayaran tersebut. Apa saja perbedaannya?

  • Umumnya, pengajuan untuk mendapatkan akses PayLater lebih mudah dibanding pengajuan kartu kredit
  • Limit atau batas pinjaman PayLater bisa diatur melalui aplikasi sesuai dengan kebutuhan, sedangkan limit atau batas kartu kredit disesuaikan dengan penghasilanmu
  • Tenor atau periode jangka waktu pembayaran cicilan pada sistem PayLater lebih singkat, biasanya maksimum satu tahun. Untuk kartu kredit memiliki periode yang lebih panjang hingga dua sampai empat tahun
  • Sistem PayLater memiliki keunggulan yaitu bebas iuran tahunan
  • Nggak memerlukan kartu fisik untuk melakukan transaksi.
4 dari 6 halaman

Bisa Digunakan Tanpa Kartu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem PayLater ini menggunakan metode kredit cicilan. Meski demikian, hal yang spesial dari sistem PayLater salah satunya adalah mampu memenuhi pembayaran cicilan online tanpa fisik kartu. Jadi, semua pembayaran online atau pembayaran cicilan online dilakukan dengan adanya fasilitas PayLater virtual number.

PayLater virtual number biasanya ditawarkan kepada pengguna yang memiliki skor tinggi, dihasilkan dari aktivitas pembelian dan pembayaran cicilan yang baik pada semua jenis transaksi online yang digunakan.

5 dari 6 halaman

Persyaratan dan Pendaftaran Mudah

Dapat dikatakan, pendaftaran sistem pembayaran PayLater menawarkan proses yang mudah dan cepat. Pendaftaran PayLater pun bisa dilaksanakan dimanapun dan kapan saja pada aplikasi PayLater pilihan kamu. Lalu, persyaratan apa saja yang kamu butuhkan untuk mendaftar PayLater?

Berbeda dengan proses pembuatan kartu kredit perbankan, tanpa harus menyertakan bukti slip gaji dan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT), pendaftaran PayLater umumnya hanya membutuhkan data pribadi lengkap dan pekerjaan bagi kamu yang berusia 21-70 tahun.

Hanya dengan menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta mengunggah foto selfie sambil memegang KTP, kamu sudah memberikan keperluan verifikasi data yang dibutuhkan oleh aplikasi PayLater

Selanjutnya, tahap verifikasi berlangsung selama beberapa waktu sebelum akun kamu disetujui dan bisa digunakan. Pada tahap verifikasi, penyedia sistem pembayaran PayLater akan memeriksa semua data yang telah kamu unggah. Setelah akun PayLater disetujui, kamu akan menerima email aktivasi akun dan kamu bisa bebas menggunakan fitur PayLater saat itu juga.

6 dari 6 halaman

Pilih Penyedia Sistem PayLater yang Aman dan Terjamin

Untuk menjamin keamanan transaksi saat kamu melakukan belanja online dengan sistem pembayaran PayLater, kamu bisa mencari informasi yang berhubungan dengan layanan penyedia sistem pembayaran PayLater, membaca ulasan online, dan memastikan penyedia sistem PayLater yang kamu pilih terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk menambah keamanan, kamu disarankan untuk memasukkan kode unik sebagai metode verifikasi untuk setiap transaksi yang kamu lakukan. Hal ini merupakan salah satu cara melindungi akun kamu dari penipuan. 

Semua aspek kemudahan yang ditawarkan sistem PayLater menjadikan metode pembayaran ini sebuah solusi dan pilihan praktis serta efisien bagi kamu yang sering melakukan transaksi online. Hal ini tentu saja menguntungkan konsumen.

Ternyata nggak sulit ya mewujudkan rencana belanja kebutuhan, trip liburan, pembayaran tagihan ataupun keinginan berpergian ke mana pun selama ada fasilitas PayLater? Buat kamu yang ingin membeli tiket pesawat, akomodasi hotel, dan berbagai macam produk secara online, bisa diwujudkan dengan fasilitas PayLater yang disediakan oleh Traveloka. Selain untuk mempermudah transaksi online, Traveloka PayLater juga sangat memanjakan konsumennya dengan sistem pembayaran cicilan online tanpa kartu kredit.

Meski sudah diberi kemudahan namun ada hal yang paling penting untuk dilakukan nih. Kamu harus selalu bertanggung jawab untuk memenuhi pembayaran sesuai limit dan tenor yang sudah dipilih, ya! Selamat bertransaksi dengan mudah, cepat, dan aman!

 

(*)