Sukses

Sering Dikira Pengangguran, Profesi ini Ternyata Bikin Tajir

ada dasarnya semua orang di dunia ini butuh bekerja dan jika dia jadi pengangguran akan menjadi masalah.

Liputan6.com, Jakarta Tentu saja, bekerja dan menganggur adalah dua hal yang bertolak belakang di masyarakat. Bila kita bekerja kita akan mendapatkan penghasilan, sementara jika mengganggur kita tidak melakukan hal apa-apa sehingga tak bisa memiliki penghasilan.

Oleh karena itu, pada dasarnya semua orang di dunia ini butuh bekerja dan jika dia jadi pengangguran akan menjadi masalah. Karena bekerja adalah kegiatan bersifat wajib dilakukan bagi seseorang setelah lulus sekolah atau kuliah, maka ada tuntutan dan pandangan orang sekitar mengenai apa yang Anda kerjakan. 

Biasanya bila Anda bekerja akan dinilai sebagai orang yang rajin dan berhasil, tapi berbeda dengan pengangguran. Orang yang menganggur akan lebih sering dibicarakan orang lain, semisal tetangga atau keluarga karena dirinya tidak memiiliki pekerjaan dan penghasilan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak jenis pekerjaan baru yang muncul, sehingga tak perlu repot bekerja di kantor seperti umumnya. Profesi seperti ini biasanya tidak terikat waktu dan jadwal sehingga bisa dilakukan di mana saja, termasuk dari rumah.

Hal ini jelas berbeda dengan budaya selama ini yang mana bekerja harus pada instansi resmi di luar rumah. Karena hal inilah ada beberapa profesi yang bisa dikerjakan di rumah dan sebenarnya menggiurkan namun masih mendapat pandangan pengangguran dari orang lain.

Apa sajakah profesi tersebut? Sering dikira pengangguran, profesi berikut ini ternyata menjanjikan dan bisa bikin tajir, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sebagai ‘YouTuber’ atau Vlogger

Dikenalnya YouTube sebagai laman berbagi video terbesar membuat banyak orang tertarik dan menjadikannya ladang penghasilan. Hal ini terbukti karena sudah banyak cara menghasilkan uang dari YouTube dan menjadikan dirinya sebagai YouTuber.

Asal memiliki banyak penonton dan subscriber di kanal YouTube yang dimilikinya, penghasilan akan mengalir begitu saja. Meski begitu, jadi YouTuber bukanlah hal mudah dan bisa menjadi profesi serius untuk dijalani.

Hal ini karena bila ingin jadi YouTuber, perlu alat dan modal yang tidak sedikit. Namun jika ditekuni akan menghasilkan uang yang begitu besar.

Hal ini juga berlaku bagi orang yang menekuni dunia Vlog (Video Blog) yang juga bisa disalurkan lewat YouTube. Pun demikian, profesi ini kadang masih dianggap sebelah mata karena perlu penjelasan panjang lebar mengenai prosesnya. 

Hal ini karena stigma orang terhadap pekerjaan formal yang melekat sehingga mengira YouTuber hanya sekedar hobi. Jadi tidak heran jika Anda sering dikira pengangguran padahal sudah menghasilkan uang dari YouTube.

3 dari 6 halaman

2. Menjadi Penulis Lepas (Online)

Penulis memang identik dengan buku dan koran sebagai sarana menyalurkan karya tulisannya. Namun seiring perkembangan internet dan teknologi, penulis juga bisa mengerjakan tanpa melalui media tersebut.

Hanya dengan bantuan internet serta kemampuannya dalam menuangkan ide dalam kata-kata, menjadi penulis lepas atau penulis online juga bisa menghasilkan uang.

Saat ini, banyak orang tergoda menjadi penulis online karena posesnya yang mudah dan cepat menghasilkan uang. Tapi karena kerjanya bisa dilakukan dari rumah, orang suka salah paham dan menganggap dia seorang pengangguran.

4 dari 6 halaman

3. Sebagai Penerjemah Bahasa Asing (Translator)

Meski sudah banyak orang yang bisa bahasa asing terutama Inggris, menerjemahkan tulisan ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya, dengan struktur baik bukanlah perkara mudah. Dari sini banyak orang membutuhkan jasa translator dan merupakan profesi yang menjanjikan karena membutuhkan keahlian khusus.

Seiring dengan perkambangan teknologi, profesi ini makin mudah dicari dan dilakukan secara online. Bahkan jasa penerjemah dihargai cukup mahal.

Meski menggiurkan, namun karena pekerjaan yang dilakukan ‘hanya’ duduk memperhatikan komputer saja orang lain sering mengira profesi ini sebagai seorang pengangguran.

5 dari 6 halaman

4. Sebagai ‘Gamer’ Profesional

Hampir sama dengan YouTuber, status Gamer profesional masih dianggap hobi bahkan sering dicap negatif karena menyebabkan kecanduan dan bikin seseorang malas. Padahal jika menekuni dunia gamer untuk menghasilkan uang bukanlah hal yang baru lagi. 

Saat ini, gamer profesional sudah ditekuni banyak orang dan penghasilannya lumayan. Bisa dibilang modalnya besar dan perlu ketekunan untuk mengikuti ajang turnamen atau membuat channel game di YouTube. Meski begitu, cap negatif gamer membuat profesi ini sering dikira seorang pengangguran.

6 dari 6 halaman

5. Menjadi ‘Developer’ Aplikasi atau Game

Pekerjaan developer muncul belakangan ini seiring banyaknya aplikasi yang bisa dipakai entah itu di komputer, android, maupun perangkat lain. Hal ini membuat para pembuat aplikasi atau sering disebut developer bisa mengembangkan bakatnya untuk menghasilkan banyak uang.

Para developer bekerja dengan membangun aplikasi dari rumah dan berkomunikasi dengan klien lewat e-mail atau aplikasi chatting. Meski ada pula developer yang bekerja di kantor, tak sedikit juga mengerjakannya dari rumah.

Hal inilah yang membuat stigma pengangguran melekat pada para developer. Padahal menjadi developer perlu belajar banyak hal dan ide yang kreatif sehingga bayaran mereka tidaklah sedikit.

Tekuni Profesi yang Anda Jalankan

Demikian beberapa pekerjaan yang menggiurkan namun sering dikira pengangguran oleh orang lain. Apapun pekerjaan Anda, tetap semangat dan lakukan dengan tekun agar mendapat penghsilan sesuai keinginan Anda. Tekuni apapun profesi yang Anda jalankan dan dapatkan penghasilan yang menjanjikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini