Sukses

Jadi Miliarder Tunggal, Harta Pria Ini Setara Setengah PDB Negaranya

Liechtenstein hanya memiliki satu miliarder bernama Christoph Zeller.

Liputan6.com, Jakarta Majalah Forbes mencatat, ada sekitar 2.153 miliarder di dunia. Namun di Liechtenstein, sebuah negara kecil di Eropa tengah berpenduduk 38.547 orang ini hanya memiliki satu miliarder. Dia adalah Christoph Zeller.

Mengutip laman Businses Insider, Senin (9/12/2019), miliarder berusia 62 tahun ini memiliki total kekayaan senilai USD 3,1 miliar (Rp 43,4 triliun).

Kekayaan tersebut berasal dari perusahaan pembuat gigi miliknya. Zeller menghabiskan 13 tahun sebagai CEO Ivoclar Vivadent AG. Namun kini dia tak lagi menjabat sebagai CEO, hanya sebagai anggota dewan pengawas dari perusahaan tersebut.

Ivoclar Vivadent AG menghasilkan penjualan sekitar USD 818 juta (Rp 11,4 triliun) pada 2018. Perusahaan tersebut kini mempekerjakan 3.505 orang, yang tersebar di 25 negara dan fasilitas produksi di Liechtenstein, Austria, Italia, Amerika, hingga Filipina.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1923 yang memang dari awal memproduksi gigi tiruan. Kakek Zeller, Dr. Adolph Schneider membeli perusahaan tersebut pada tahun 1948 dan Zeller menjabat sebagai CEO dari tahun 1990 hingga 2003, menurut Forbes.

Fakta menarik lain dari Zeller adalah, dia ternyata memiliki kekayaan setara dengan setengah dari PDB negara tempat tinggalnya di Liechtenstein, mencapai USD 6,2 miliar (Rp 86,8 triliun).

Reporter: Danar Jatikusumo

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Liechtenstein

Sedikit yang mengetahui tentang kehidupan pribadi Zeller, kecuali tempat tinggalnya yang berada di Vaduz. Daerah tersebut merupakan ibu kota Liechtenstein, yang hanya menampung 5.450 penduduk.

Liechtenstein adalah negara dengan luas sekitar 62 mil persegi. Meskipun ukurannya kecil, Liechtenstein memiliki ekonomi yang PDB per kapita tertinggi nomor dua di dunia – setelah Monako.

Salah satu dari sedikit negara yang mengklaim tidak memiliki utang nasional. Sumber ekonomi negara terfokuskan pada manufaktur, industri keuangan, dan industri jasa.

Bukan hanya Liechtenstein, 12 negara lain termasuk Qatar, Islandia, dan Portugal adalah rumah bagi hanya satu miliarder di suatu negara – dengan kekayaan bersih setidaknya USD 1 miliar. Sebagian besar miliarder tinggal di AS, Inggris, Cina, Rusia, dan Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.