Sukses

Deputi BUMN Wahyu Kuncoro jadi Wakil Direktur Utama Pegadaian

Wahyu Kuncoro resmi menjadi wadirut Pegadaian sejak penyerahan surat keputusan (SK) Menteri BUMN pada Senin kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro resmi menjadi Wakil Direktur Utama (wadirut) PT Pegadaian (Persero).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, yang Selasa (19/11/2019) ini menyambangi kantor Kementerian BUMN.

"(Saya kesini) untuk menyaksikan serah terima. Pegadaian kan punya wakil direktur utama yang baru, Wahyu Kuncoro," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian BUMN.

Kuswiyoto menyatakan, Wahyu resmi menjadi wadirut Pegadaian sejak penyerahan surat keputusan (SK) Menteri BUMN kemarin, Senin (19/11/2019). Dengan demikian, satu dari 6 deputi BUMN yang mengalami perombakan telah menempati posisi di BUMN yang ditunjuk.

Penunjukan wadirut sendiri, lanjut Kuswiyoto, adalah pertimbangan dari Menteri BUMN. Dia juga belum memahami tugas dan fungsi khusus wadirut nantinya.

Namun dia mengaku senang dengan penambahan wadirut ini karena bisa membantu kinerja Pegadaian lebih cepat.

"Saya sih happy-happy saja kalau nambah anggota baru. Bagaimanapun Pegadaian happy ada wadirut jadi kita bisa berlari lebih kencang," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi Bersih-Bersih Erick Thohir Diklaim Bakal Kurangi Korupsi di BUMN

Langkah Menteri BUMN Erick Thohir merombak pos strategis sebagai bentuk penyegaran birokrasi kementerian yang dipimpinnya mendapat tanggapan positif dari kalangan ekonom.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, hal ini dapat menguatkan kementerian. Selama ini, menurut dia, masih ada sejumlah sektor yang belum mendapat penyegaran, sehingga rawan korupsi.

"Ya, ini bagian dari 'bersih-bersih' rezim BUMN lama karena dianggap lemah dalam pengawasan BUMN, sehingga marak korupsi," tutur Bhima kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Selain itu, Bhima juga menilai perombakan struktural ini dapat meningkatkan kinerja BUMN dan relasinya dengan sektor swasta yang selama ini jarang dilibatkan dalam program kerja.

"Kinerja juga banyak yang belum memuaskan, seperti proyek infrastruktur yang utilitasnya rendah dan kurang melibatkan swasta. Itu yang coba dirombak," katanya.

Erick Thohir, dengan latar belakang dari sektor swasta, diharap bisa melakukan sinergi BUMN dengan berbagai pihak. Sehingga BUMN yang selama ini kerap mendapat kritik bisa terus meningkatkan performanya.

"Memutus rantai salah urus BUMN," ucapnya. 

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Sapu Bersih Semua Eselon I Kementerian BUMN

Perombakan di struktur Kementerian BUMN bakal dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah sebelumnya mengangkat dua wakil menteri, kini giliran jajaran Eselon I.

Setidaknya semua eselon I yang sebelumnya membantu Rini Soemarno selama memimpin BUMN akan dipindahkan. Keseluruhannya diarahkan untuk mengisi pos direksi di beberapa BUMN.

"Betul (SK keluar hari ini)," kata salah satu Eselon I Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro, kepada Liputan6.com, Senin (18/11/2019).

Wahyu sendiri saat ini masih menjabat sebagai Deputi Usaha Agro dan Farmasi Kementerian BUMN. Dari informasi yang diterima Liputan6.com, Wahyu sendiri nantinya akan ditempatkan menjad Wakil Direktur Utama (Wadirut) PT Pegadaian (Persero).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

    Pegadaian

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir