Sukses

4 Cara Cegah Keuangan Terlanda Resesi

Liputan6.com, Jakarta Sering kali para ahli keuangan terus membicarakan tentang kemungkinan resesi. Tiffany Aliche, pendiri The Budgetnista, mengatakan ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk melindungi keuangan.

"Kita semua pernah mendengar bisikan resesi, resesi, resesi," kata Tiffany, seperti melansir dari CNBC, Kamis (24/10/2019).

Resesi adalah hal yang normal selain itu penting juga untuk diingat bahwa fluktuasi di pasar adalah normal.

Berikut adalah empat langkah yang direkomendasikan oleh Tiffany Aliche untuk diambil jika suatu hari nanti akan terjadi resesi:

1. Miliki Dana Darurat

Salah satu cara untuk bersiap menghadapi kemunduran keuangan adalah dengan memiliki rekening tabungan darurat. "Kamu harus memiliki setidaknya tiga bulan," jelas Tiffany.

Namun hal ini harus berdasarkan kondisi. Jika Anda memiliki finansial yang tidak terlalu sehat, usahakan menabung lebih dari tiga bulan.

2. Hidup Hemat

Sebelum resesi Tiffany menyarankan untuk menyusun anggaran bulanan sehingga Anda dapat mengidentifikasikan di mana menghabiskan uang dan di mana dimungkinkan untuk memotong anggaran.

Bisa saja untuk mengurangi anggaran makan siang atau mengurangi pengeluaran keperluan pribadi lainnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video di bawah ini:

2 dari 2 halaman

3. Perbarui Resume

Jika resesi benar-benar terjadi, mungkin Anda perlu khawatir tentang pengangguran. Sebab ketika pertumbuhan ekonomi melambat, perusahaan biasanya menghasilkan lebih sedikit pendapatan dan kemmungkinan untuk memberhentikan karyawan.

Itu juga menjadi sebuah alasan untuk memperbarui resume serta sosial media Anda. Bisakan untuk terlihat profesional walau hanya dalam situs online.

"Anda ingin memastikan bahwa ketika seseorang menemukan Anda secara onine, mereka sudah terkesan dengan Anda," tutur Tiffany.

4. Jangan stres

"Jalani hidupmu, pasang surut keuangan hal biasa," kata Tiffany. Jika Anda secara teratur menabung dan tidak selalu menghabiskan uang, maka Anda seharusnya baik-baik saja.

Reporter: Chrismonica