Sukses

5 Tips Hadapi Rasa Kecewa dan Frustasi saat Cari Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya mencari pekerjaan adalah hal yang dapat menimbulkan kecemasan, frustasi, dan melelahkan. Selain itu melakukan pencarian pekerjaan kadang membuat kepercayaan diri menghilang.

Berikut adalah hal-hal yang mungkin dapat Anda harapkan dan butuhkan untuk mempersiapkan diri Anda dari permasalahan emosi yang dilansir dari Forbes, Sabtu (14/9/2019):

1. Ketahui apa yang Anda inginkan

Tidak banyak orang yang tahu persis tentang ke mana arah karier yang diinginkan ketika mulai mencari pekerjaan.

Kebanyakan orang menghindar dari pilih memilih pekerjaan sehingga banyak yang tetap bersikap fleksibel dan segala hal. Mulai dari jabatan, misi perusahaan, hingga jenis pekerjaan.

Boleh untuk memilih proses fleksibel tersebut, tapi ketika sudah merasa cukup kemudian putuskan apa yang ingin Anda kejar. Wajar jika merasa bingung atau bimbang karena itu adalah fase biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mempersiapkan diri untuk penolakan

Bahkan CEO sekalipun kerap mempertanyakan diri mereka sendiri selama pencarian kerja. Maka dari itu perlu meyakinkan orang-orang bahwa Anda berkompeten dan berharga.

Ditolak adalah hal yang paling ditakutkan maka dari itu bersiaplah untuk ditolak perusahaan. Tidak masalah untuk merasakan penolakan karena mencari pekerjaan adalah hal yang sulit.

3. Mengendalikan diri dari emosi

Coba mengendalikan diri dari menjadi terlalu agresif terhadap perusahaan dan hal-hal yang menandakan keputusasaan Anda. Perlu diketahui proses pencarian kerja mengharuskan Anda untuk memperkuat kemampuan dan mental Anda untuk meghadapi ketidakpastiaan dalam proses pencarian kerja.

Anda tidak akan tahu kapan kesempatan lain akan datang maka dari itu cobalah percaya pada pross dan mengambil banyak langkah dalam satu hari.

3 dari 3 halaman

4. Jangan terlalu banyak asumsi

Asumsi tentang pencarian kerja pasti adalah sesuatu hal yang penuh perjuangan dan kerja keras. Tetapi hal itu juga tidak sepenuhnya benar karena ketika Anda akhirnya mendapatkan apa yang Anda inginkan, pastinya Anda akan dipenuhi dengan rasa optimis dan kegembiraan. Apa yang memberatkan proses ini adalah lonjakan-lonjakan yang datang tanpa peringatan.

Suatu hari Anda akan bersemangat ketika mendapat panggilan telepon dengan berbagai tawaran pekerjaan.

5. Beberapa orang mungkin akan mengecewakan

Bisa jadi Anda harus merasakan proses kecewa ketika dibatalkan oleh orang-orang yang menjanjikan sesuatu kepada Anda. Sulit memang untuk menunggu dan memulai kembali.

Maka dari itu, cobalah untuk tidak diingat- ingat karena bisa saja mereka tidak bermaksud sengaja untuk mengecewakan Anda. Jadikan hal tersebut sebagai pengingat ke depannya bagaimana Anda harus memperlakukan orang lain.

 

Reporter: Chrismonica

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.