Sukses

Teman Kerja Sombong? Ini Cara Menghadapinya

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda bekerja di mana saja, pasti akan menemukan teman kerja yang tidak sejalan dengan Anda. Terkadang memang merasa sedikit resah dan tidak nyaman. Terutama dalam menghadapi teman kerja yang sombong. 

Orang yang sombong selalu berpikir bahwa dirinya selalu di atas orang lain. Semua yang dikerjakannya sangat baik dan tanpa cela. 

Oleh karena itu, ketika Anda menemukan teman yang sombong, sebaiknya perlu menghadapi dengan beberapa cara yang tepat. Jika teman Anda ternyata orang yang sombong, begini cara menghadapinya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Fokus Saja pada Pekerjaan

Hal yang paling utama adalah fokus pada pekerjaan saja. Sebenarnya, Anda pergi ke kantor itu dengan tujuan hanya satu, yaitu bekerja. 

Kekerabatan terhadap seseorang hanyalah nilai plus dalam bekerja. Ketika Anda menjumpai orang yang sombong, sebaiknya Anda tidak melakukan hal yang sama seperti dia. Berikan senyuman kepada orang yang Anda temui di kantor. 

Dengan hal kecil seperti ini pasti rekan Anda berpikir jika Anda adalah orang yang baik dan mengerti. Ketika sampai di ruangan fokus saja dengan pekerjaan Anda. 

Di kantor jelas saja pasti banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan. Deadline atau waktu pengerjaannya pun juga pasti tidak lama. 

Maka ketika Anda berada di kantor, kerjakan saja pekerjaan kantor semaksimal mungkin, karena dengan begitu pasti sedikit waktu Anda untuk memikirkan orang atau rekan kerja menyebalkan.

2 dari 3 halaman

2. Selalulah Berpikir Positif

Anda harus menanamkan sifat positif. Jika Anda tidak berpikir positif, pasti ada saja rasa menduga-duga dari dalam diri Anda. Padahal sebenarnya tidak demikian. Ketika Anda memiliki pikiran yang positif pasti akan terbawa suasana yang baik pula. 

Tidak terlalu mementingkan hal- hal yang kurang bermanfaat dan membuat waktu Anda terbuang sia-sia. Pikiran positif akan selalu mengarahkan Anda untuk melakukan hal-hal yang positif saja. Dugaan-dugaan negatif pasti tidak sedikitpun terlintaskan di dalam pikiran. 

3. Tetaplah Bersikap Baik

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Lalu bagaimana dengan teman yang sombong? 

Untuk berinteraksi dengannya Anda harus menyikapi dengan baik. Bukan menyikapi sombong seperti dia. 

Karena pada dasarnya orang yang sombong adalah orang yang terlalu menganggap lebih suatu hal yang dia miliki. Jika Anda menyikapi hal yang sama, berarti tingkat Anda sama dengan rekan kerja Anda yang sombong. 

Seseorang yang berada dan mengerti mengenai ilmu tidak akan pernah mempunyai sifat ini, sifat sombong. Orang yang berada pasti akan menganggapnya biasa saja dan untuk apa hal itu disombongkan karena dia merasa itu semua adalah hal yang lumrah bukan sesuatu hal yang baru dirinya miliki. 

Dengan demikian, ketika ada teman Anda yang sombong, maka Anda harus menyikapinya secara baik-baik, yakni dengan tidak ikutan sombong seperti dia.

3 dari 3 halaman

4. Berkumpul dengan Orang Positif

Lingkungan sangat memengaruhi pola pikir dan tingkah laku. Anda harus pandai-pandai berteman dengan seseorang. Memilih teman memang sangat dianjurkan untuk Anda.

Bagaimana tidak? Jika Anda berkumpul dengan orang yang salah pasti hal atau topik yang dibicarakan pasti akan selalu negatif. Hal inilah yang membuat Anda dapat mewarisi sifat dan sikap teman-teman Anda yang seharusnya tidak perlu ditiru. 

Sebaliknya, ketika Anda punya teman yang positif atau baik maka pasti Anda akan memiliki sifat dan sikap yang baik pula. Hal yang didiskusikan pasti hal yang bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan. 

Anda pasti akan berdiskusi mengenai pekerjaan di kantor, sulit tidaknya project yang Anda jalankan, dan masih banyak lagi. Ketika Anda berdiskusi dengan orang yang baik, maka pasti tidak akan terpikir untuk membicarakan hal negatif seperti kekurangan orang lain dan semacamnya.

5. Berbicara Seperlunya

Point terakhir ketika Anda mempunyai teman kantor yang sombong yaitu berbicara seperlunya. Jika Anda memiliki hati yang mudah tersinggung, maka bicara seperlunya saja. 

Maksudnya, Anda harus mengetahui kapan harus berbicara dengannya. Seperti hanya berbicara tentang pekerjaan yang berhubungan dengannya dan lain-lain. 

Namun, ketika Anda mempunyai jiwa-jiwa yang kuat atau tidak mudah tersinggung maka Anda pasti akan nyaman-nyaman saja untuk berbicara, berdiskusi, dan berteman dengan siapapun. 

Namun, ada baiknya jika Anda tidak terlalu sering berteman dengan orang yang memiliki sifat sombong. Karena, pada dasarnya teman adalah cerminan diri. Ketika Anda berbuat baik pasti teman-teman Anda juga memiliki sifat baik, begitupun sebaliknya.

Pertahankan Sifat Sabar dan Tetap Lontarkan Senyuman

Itulah penjelasan mengenai cara menyikapi teman kerja yang sombong. Banyak sekali tips atau cara yang dapat Anda terapkan. Ketika Anda menjumpai teman yang sombong, hendaklah tidak menyebabkan Anda sakit hati karena perkataannya. 

Cukup balas dengan senyuman dan juga alihkan untuk berbicara hal yag positif. Namun, alangkah lebih baik jika Anda hindari orang yang memiliki sifat sombong, ingatkan satu dua kali, dan bertemanlah dengan orang- orang yang positif.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dana Pensiun Sulit Terkumpul, Mungkin Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Menikah Bisa Bikin Hemat, Ini Alasannya