Sukses

Pengen Punya Bisnis Kuliner tapi Tak Ada Modal? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini bisnis bukanlah hal yang asing lagi, apalagi bisnis di bidang kuliner. Memulai bisnis di bidang kuliner semakin banyak digandrungi, terutama bagi kawula muda.

Bahkan para artis pun rata-rata memulai bisnis di bidang ini. Mulai dari makanan berat hingga camilan, baik itu makanan western ataupun makanan khas Indonesia.

Tak dimungkiri, makanan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Karena manusia membutuhkan makanan untuk menjalani kehidupannya.

Menjamurnya kafe ataupun restoran saat ini merupakan bukti betapa eksisnya bisnis kuliner era sekarang. Bukan hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil istilah kafe tak asing lagi di telinga.

Bisnis kuliner memang dikenal dengan bisnis yang tidak mudah padam. Namun, tentu saja hal ini juga erat kaitannya dengan manajemen ataupun tata kelola yang diterapkan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manajemen sebuah kafe ataupun restoran. Masalah modal terkadang juga jadi kendalanya.

Jika sekarang ini Anda menginginkan berbisnis kuliner tapi sedang terkendala modal, berikut jenis bisnis kuliner yang tetap bisa Anda jalankan meski modal terbatas, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 6 halaman

1. Kue Cubit Kekinian

Kue cubit merupakan salah satu kuliner yang ada di Indonesia. Masih sebagai anggota dari makanan yang banyak digemari semua kalangan.

Bisnis ini tidak membutuhkan biaya atau modal besar. Proses pembuatannya gampang dan bahan bakunya mudah ditemukan baik itu di toko kelontong maupun di supermarket.

Inovasi dalam bisnis ini juga cukup mudah, yaitu dengan menambah varian rasa sebagai pilihan. Atau menambahkan bahan-bahan lain sebagai toping hingga terlihat unik dan kekinian.

Selain itu, Anda bisa memberikan promo-promo unik sekaligus menarik minat pelanggan. Mulai dari buy 5 get 6, atau promo pembeli pertama di hari Minggu gratis latihan memasak kue cubit.

 

3 dari 6 halaman

2. Nasi Goreng Gaul

Nasi goreng, siapa yang tidak mengenal masakan ini? Atau bahkan ada yang tidak menyukai makanan ini?

Hampir semua orang menyukai masakan ini. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mulai dari warga Indonesia hingga wisatawan asing.

Berbisnis kuliner di bidang ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar. Meskipun sering sekali ditemukan dan hampir setiap restoran memiliki menu ini, tapi rasa di setiap tempat otomatis berbeda.

Hal ini selalu dipengaruhi oleh tangan-tangan lincah yang membuatnya. Variasinya pun dapat dikreasikan dengan mudah. Karena hanya menyampurkan isian yang diinginkan dengan bahan utama.

Anda bisa membuat nasi goreng yang unik atau terkesan kekinian dan gaul, mulai dari bahan-bahan hingga nama nasi goreng yang digunakan.

4 dari 6 halaman

3. Mie Instan Masa Kini

Mi instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang banyak digemari semua kalangan, khususnya untuk anak kos-kosan. Selain rasanya yang mengundang selera dan harganya relative terjangkau.

Selain itu, mie instant juga punya banyak varian rasa, lalu dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, serta proses memasaknya yang cukup mudah.

Namun, jangan diremehkan begitu saja. Jika Anda mampu membuat aneka kreasi serta variasi dari mi instan ini, tentunya dapat menjadi salah satu jalan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Berkreasi dengan mi instan juga terbilang mudah. Hanya memberikan sedikit toping yang berbeda atau sentuhan rasa yang sedikit berbeda dari rasa asli, tentunya dapat menambah nilai jual dari mie instant itu sendiri.

Katakanlah menggunakan mi instan rasa kari ayam, ditambah dengan toping sayur, telur, daging ayam serta menambahkan tingkatan rasa pedas, sudah dapat dipastikan nilai jualnya akan meningkat dan terkesan eksklusif.

Atau Anda bisa mengkreasikannya dengan membuatnya terlihat unik dan menarik karena berbentuk bola-bola kroket mie instan dan masih banyak lagi. Tidak perlu dana yang cukup besar, tapi kamu tetap dapat menjalankan bisnis ini.

5 dari 6 halaman

4. Aneka Kreasi Roti Bakar Unik

Siapa yang tak mengenal makanan satu ini? Makanan yang cocok dijadikan menu utama saat sarapan atau hanya sebagai snack menjelang makan siang.

Rasanya yang lumayan enak dengan bahan baku dan mudah didapat serta proses pembuatan yang simple, menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan favorit kebanyakan orang.

Memulai bisnis dengan menu roti bakar tidaklah sulit. Sebab bahan bakunya yang tergolong mudah didapat dan harganya juga cukup terjangkau.

Memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan dan yang cukup besar. Cukup dengan memberikan sentuhan kreasi yang unik dan berbeda dari yang lain dapat mendatangkan daya tarik sendiri bagi konsumen.

Misalkan dengan mengganti topping atau isian roti bakar. Bisa juga dengan memodifikasi sedikit bentuk dari roti bakar pada umumnya atau dengan menambahkan varian rasa baru yang mungkin belum pernah ada.

6 dari 6 halaman

5. Martabak Kece

Martabak merupakan salah satu jajanan favorit semua kalangan. Mulai dari martabak telur hingga martabak manis.

Martabak juga dapat dijadikan sebagai salah satu inspirasi bisnis kuliner dengan modal kecil. Agar berbeda dengan para penjual martabak yang lainnya, Anda perlu sedikit berkreasi agar berbeda dengan yang lainnya.

Hal menarik dan berbeda bisa dari bentuk atau ukuran hingga toping yang digunakan. Untuk martabak manis, Anda bisa saja membuat martabak dengan porsi jumbo yang dapat dinikmati oleh beberapa orang dengan isian atau topping yang berbeda-beda.

Untuk martabak telur, Anda bisa mengkreasikan saus sendiri yang tentunya berbeda dengan saus martabak pada umumnya. Misalkan martabak telur dengan saus rasa sapi panggang.

Bisnis Kuliner, Bisnis Sepanjang Zaman

Itulah beberapa inspirasi bisnis kuliner yang tetap bisa dijalankan walau hanya punya modal kecil. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan seringnya mampu bertahan dengan waktu yang cukup lama.

Selama manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi, vitamin dan mineral untuk tubuhnya, maka selama itu pula bisnis ini akan berjalan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Mulai dan segera wujudkan mimpi Anda jadi pebisnis kuliner.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Berbisnis Kuliner ala Gudeg Yu Djum yang Melegenda
Artikel Selanjutnya
Terkait Formula E, Jakpro Targetkan Pengaspalan di Monas Selesai 1 Bulan