Sukses

Kinerja Pusat Perbelanjaan Bakal Melonjak di Semester II 2019

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperkirakan bisnis pusat perbelanjaan atau mal akan mengalami pertumbuhan di tahun 2019, tepatnya pada paruh kedua. Namun pertumbuhan tidak akan terjadi secara merata.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengakai, dia pun belum dapat memberikan berapa angka kisaran pertumbuhan yang diperkirakan olehnya APPBI.

"Saya kira akan ada kenaikan, tapi tidak akan merata sama sekali. Bohong kalau bilang semua naik bareng-bareng. Kalau bilang rata-rata berapa persen, enggak. Ada yang naik signifikan banget, ada yang turunnya juga signifikan," kata dia, saat ditemui, di sela-sela peluncuran Indonesia Great Sale, di Jakarta, Kamis (11/7).

Sebab kinerja masing-masing pusat belanja akan sangat tergantung pada strategi bisnis masing-masing mal dalam menarik konsumen. Pusat belanja yang paling mampu menarik konsumen akan mencatatkan pertumbuhan lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

"Tergantung apa dia bisa ikut mode atau tidak. Trennya kemana?," ungkapnya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis pusat belanja yakni memperbaiki serta meningkatkan sisi costumer experience. Terutama bagi generasi milenial.

"Sekarang kan kita lihat ada mal yang naik terus jumlahnya signifikan kan. Ada mal baru yang tiba-tiba ramai tahun kemarin, seperti Aeon yang di Utara. kenapa sih," ujarnya.

"Karena milenial suka itu. Kalau dia datang ke mall yang toko doang, nggak ada apa-apanya nggak ada yang instagramable itu, malas. Eggak ada sekarang orang mau makan, cuma makanannya enak saja. Eggak ada. Makanan mesti unik, terus interiornya bagus," tandasnya.

2 dari 4 halaman

Banjir diskon, Warga Jakarta Habiskan Libur Lebaran di Mal

Sejumlah pusat perbelanjaan (mal) terkemuka di DKI Jakarta seperti Grand Indonesia tampak dibanjiri masyarakat menyusul masih banyaknya gerai yang menawarkan diskon hingga 80 persen pada hari kedua libur Lebaran 2019.

Di Grand Indonesia, Jakarta, pengunjung tampak memburu gerai-gerai pakaian jadi baik produksi domestik maupun impor yang menawarkan diskon rata-rata sekitar 50 persen.

Sementara di Plaza Indonesia, diskon bahkan ditawarkan hingga 80 persen oleh produsen dan distributor pakaian atau aksesoris yang tergolong mewah.

Salah satu pengunjung Grand Indonesia, Annisa Sulistyo Rini mengatakan, kesempatan berbelanja barang-barang bermerek dengan diskon yang relatif besar, hanya terjadi di momentum tertentu seperti Lebaran ini. 

"Kalau lagi ada diskon sangat lumayan belanja di Grand Indonesia. Dress (pakaian) dari harga Rp 300 ribu bisa menjadi setengahnya. Saya pernah dapat rok dengan harga sangat murah untuk sekelas di Grand Indonesia. Harganya hanya Rp 100 ribu. Itu sangat lumayan," ujar Annisa, dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2019).

Bahkan, Annisa mengaku pernah memboyong sepatu "boots" dengan harga hanya Rp 200 ribu. Padahal, rata-rata harga sepatu "boots" apalagi yang berbahan kulit bisa melebihi Rp 1 juta, bahkan untuk merek-merek tertentu dijual di atas Rp10 juta.

Annisa mengaku lebih gemar berbelanja di Grand Indonesia, ketimbang mal lainnya di DKI Jakarta.

"Di Mal lain yang dekat Grand Indonesia, harganya tetap mahal meskipun sudah didiskon. Ya itu sangat 'segmented" (segmen tertentu). Semua kembali lagi ke merek pakaiannya," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Diskon Hingga 70 Persen, 6 Mal Gelar Midnight Sale

Sebanyak 6 pusat perbelanjaan dan mal menggelar program belanja hingga tengah malam (Midnight Sale) pada hari ini. Program tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019 yang berlangsung pada 25 Mei hingga 23 Juni 2019.

Ketua Pelaksana FJGS 2019, Ellen Hidayat mengatakan, selain dalam rangka FJGS, program Midnight Sale ini juga ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat di ibu kota untuk berbelanja dengan harga yang murah jelang Lebaran.

"Ini untuk memberikan kesempatan belanja diskon dalam menyambut Lebaran," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (26/5/2019).

Menurut dia, secara total ada sebanyak 26 mal yang menyelenggarakan program Midnight sale ini. Program tersebut berlangsung dalam dua periode, yaitu di pekan pertama penyelenggaraan FJGS 2019 pada 24-26 Mei 2019 dan pada Minggu ke 2 yaitu periode 30 Mei hingga 1 Juni 2019 diikuti oleh 7 Pusat Belanja.‎

Tak tanggung-tanggung, lanjut Ellen, diskon yang ditawarkan saat Midnight Sale berlangsung mencapai 70 persen. Selain potongan harga, masing-masing mal juga menggelar beragam hiburan untuk memeriahkan Midnight Sale ini.

"Discount up to 70 persen," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
321 Mall Gelar Pesta Diskon Besar-besaran
Artikel Selanjutnya
Banjir diskon, Warga Jakarta Habiskan Libur Lebaran di Mal