Sukses

Harga Minyak Menguat Jelang Libur Hari Kemerdekaan AS

Harga minyak naik jelang libur pada 4 Juli waktu setempat untuk peringati hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, New York - Harga minyak naik jelang libur pada 4 Juli waktu setempat untuk peringati hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya harga minyak turun seiring kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi global. Sentimen ini juga melebihi keputusan OPEC dan sekutunya memperpanjang pengurangan produksi minyak mentah.

Bursa saham AS dan wall street yang menguat serta data menunjukkan perusahaan energi AS mengurangi operasional rig pada pekan ini untuk pertama kalinya dalam tiga minggu juga mendukung harga minyak.

Masing-masing indeks saham acuan di wall street mencatatkan rekor tertinggi seiring harapan tumbuh kalau bank sentral AS atau the Fed akan lebih lembut seiring bukti data ekonomi AS cenderung melambat.

Di sisi lain, rig AS dipangkas lima hingga 3 Juli menjadi 788. Hal itu berdasarkan laporan General Electric Co. Produksi minyak AS sentuh rekor telah menekan harga minyak.

Harga minyak Brent untuk pengiriman September naik USD 1,42 atau 2,3 persen ke posisi USD 63,82 per barel. Harga minyak Amerika Serikat untuk pengiriman Agustus naik USD 1,09 atau 1,9 persen ke posisi USD 57,34 per barel.

Pada perdagangan Selasa sebelumnya, harga minyak acuan ini turun lebih dari empat persen karena kekhawatiran perlambatan ekonomi.

Di sisi lain, keuntungan berkurang setelah data menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 1,1 juta barel dalam seminggu terakhir. Angka ini jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan analis sekitar 3 juta barel.

"Pasar kecewa dengan penarikan persediaan minyak mentah yang sangat kecil. Satu-satunya tanda kekuatan di pasar adalah penurunan inventaris bensin yang berkelanjutan," Presiden Lipow Oil Associates, Andrew Lipow seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (4/7/2019).

Harga bensin berjangka AS naik 2,4 persen menjadi USD 1,9167. "Kami mengalami koreksi cukup tajam kemarin,jadi setelah itu sedikit rebound diharapkan. Secara global pasar mengkhawatirkan potensi pertumbuhan permintaan minyak," ujar Konsultan Petromatrix Olivier Jakob.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Volume Perdagangan

Volume perdagangan juga tipis jelang libur 4 Juli di AS. Volume perdagangan sekitar 65,2 persen dari volume perdagangan sesi sebelumnya.

Pada Selasa, Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain seperti Rusia sepakat untuk memperpanjang pengurangan pasokan minyak hingga Maret 2020.

"Memperpanjang pemotongan enam atau sembilan bulan, tidak masalah jika levelnya tetap sama. Jika Anda benar-benar menargetkan level stok, Anda akan perlu pemangkasan yang lebih dalam tetapi Arab Saudi telah melampaui target dari pemangkasannya," ujar Jacob.

Dalam catatan Analis Citi Research, perjanjian OPEC+ harus menarik persediaan minyak pada babak kedua sehingga mendorong harga minyak.

"Menjaga produksi terpangkas hingga akhir kuartal I bertujuan untuk menghindari minyak masuk ke pasar selama musim yang sepi untuk permintaan dan refinery," seperti dikutip dalam catatannya.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Akan tetapi, tanda-tanda perlambatan ekonomi global memukul permintaan minyak sehingga membuat investor khawatir setelah indikator manufaktur global kecewa. AS pun mengancam Eropa dengan tarif lebih tinggi.

Defisit perdagangan AS melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan pada Mei. Selain itu, laporan ADP menunjukkan gaji swasta meningkat sedikit dari yang diperkirakan para ekonom.

Barclays memperkirakan permintaan minyak akan tumbuh pada laju lambat sejak 2011. Morgan Stanley menurunkan perkiraan harga Brent menjadi USD 60 per barel dari USD 65 per barel dan menyatakan pasar minyak secara luas seimbang.

Harga minyak mentah juga tertekan oleh tanda-tanda pemulihan ekspor minyak dari Venezuela pada Juni dan pertumbuhan produksi minyak di Argentina pada Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.