Sukses

Lakukan 7 Hal Ini agar Akhir Pekan Produktif

Berikut ulasan mengenai hal-hal yang bisa membuat akhir pekan jadi lebih produktif. Simak ulasannya berikut ini, ya.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau biasanya Anda menghabiskan akhir pekan dengan menonton film, pergi ke mal, atau hanya tidur saja di rumah.

Kali ini coba untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif ya agar akhir pekan lebih bermakna.

Pasti Anda pernah merasakan akhir pekan dilewatkan begitu saja tanpa melakukan hal apapun, kan? Bukannya memanfaatkan akhir pekan dengan melakukan hal-hal yang seru dan bermanfaat, yang ada Anda hanya tidur di rumah sepanjang hari. Sayang banget, kan?

Dikutip dari TunaiKita, berikut ulasan mengenai hal-hal yang bisa membuat akhir pekan jadi lebih produktif. Simak ulasannya berikut ini, ya. 

Akhir Pekan Produktif, Lakukan Hal-Hal Berikut!

1. Memasak dan Mencoba Resep Baru

Tips pertama yang bisa dilakukan agar akhir pekan Anda jadi lebih produktif yaitu memasak. Anda hobi memasak? Saat akhir pekan sebagian dari Anda pasti lebih memilih makan-makanan luar dibanding masak sendiri. Coba deh, sisihkan waktu akhir pekan untuk memasak di dapur.

Memasak bisa mengurangi stress lo! Memasak bisa membuat Anda bahagia, apalagi jika suka mencoba-coba resep baru setelah mencoba dan berhasil tentunya Anda akan senang. 

Memasak juga bisa berdampak pada relaksasi jiwa, mengurangi stress dan mengobati sakit hati.

Selain itu, memasak juga melatih kreativitas, ketika Anda mulai bosan dengan menu yang itu-itu terus, pastinya Anda berpikir mencari cara bagaimana mengolah makanan yang biasa itu menjadi lebih istimewa dan tentunya tetap sehat, Anda pun googling mencari resep di internet sambil menyesuaikan dengan bahan yang ada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Olahraga

Karena setiap harinya kamu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, tentunya Anda tidak punya waktu untuk berolahraga bukan? Nah, untuk itu, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Anda bisa jogging di sekitar rumah atau bisa CFD (Car Free Day) agar suasana jogging semakin seru. 

Kalau Anda gagal melakukan olahraga di pagi hari saat weekend, Anda bisa pilih sore hari untuk menggantinya. Anda bisa bergabung dengan tempat gym terdekat. Sehingga di siang hari atau malam hari pun masih tetap bisa melakukan olahraga di tempat gym. Sekarang, tak ada alasan lagi kan untuk enggak berolahraga?

3. Menulis

Anda hobi menulis? Luangkan waktu untuk menyalurkan hobi di akhir pekan. Menulis berarti menuangkan ide, gagasan, pandangan bahkan perasaan kita secara tertulis.

Dengan menulis Anda bisa menyebarkan pengetahuan melalui tulisan yang Anda buat. Selain itu, menulis juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, lo!

3 dari 4 halaman

4. DIY (Do It Yourself)

Anda pasti tidak asing dengan istilah DIY atau Do It Yourself, kan? DIY merupakan sebuah kegiatan membuat, memperbaiki dan memodifikasi sebuah barang dengan melakukannya sendiri atau tanpa bantuan profesional.

Dengan kegiatan ini Anda bisa membuat barang yang bermanfaat, memperbaiki barang yang rusak, dan juga memodifikasi sebuah barang agar lebih praktis untuk digunakan.

DIY dapat menambah kreativitas, wawasan, hemat biaya, mandiri, dan tentunya membuat akhir pekan jadi lebih produktif dan lebih bermanfaat. 

5. Berkebun Hidroponik

Biasanya untuk berkebun harus memiliki lahan yang cukup luas. Saat ini sedang tren sebuah gaya baru dalam menanam tanaman lo, yaitu dengan hidroponik.

Hidroponik merupakan cara baru dalam menanam, yaitu dengan tidak memerlukan tanah dan lahan yang luas. Untuk media tanamnya, Anda bisa menggunakan barang bekas seperti botol minuman, pipa pembuangan dan lain-lain.

Anda juga bisa meletakannya secara bersusun, dan digantungkan ketembok. Sangat praktis, bukan? Hasil panennya pun bisa lebih bagus dibandingkan menanam dengan cara yang biasanya. Untuk cara penanamannya, Anda bisa cari video tutorialnya di YouTube.

4 dari 4 halaman

6. Fotografi

Untuk Anda yang gemar fotografi, akhir pekan waktu yang bagus habiskan waktu untuk hunting foto dan mencoba angle-angle baru.

Tenang, Anda tidak perlu kamera profesional yang harganya mahal kok, hanya dengan smartphone saja sudah bisa menghasilkan gambar yang tidak kalah cantiknya dengan kamera profesional.

Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang bagus dan lucu untuk berfoto. Apalagi sekarang banyak sekali tempat yang yang instagramable, lumayan kan bisa untuk mempercantik feeds media sosial Anda. 

7. Cari Beasiswa

Jika Anda ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya gunakan akhir pekan untuk mencari beasiswa. Anda bisa mencari informasi penyedia beasiswa di dalam maupun luar negeri.

Cari tahu apakah Anda bisa memenuhi kualifikasinya, mulailah untuk mengumpulkan persyaratan beasiswa dan mengukur kemampuan diri sendiri.

Akhir Pekan Jadi Lebih Menyenangkan

Nah, tidak ada salahnya untuk melakukan hal yang bermanfaat di akhir pekan. Anda bisa melakukan beberapa hal di atas bersama keluarga, teman, ataupun pacar. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan menginspirasi, ya. Happy weekend!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.