Sukses

Pertamina Nonaktifkan Direksi Anak Usaha yang Ikut Prabowo ke Brunei

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam pada 16 Mei lalu. Prabowo dalam kesempatan itu dikabarkan membawa rombongan sebanyak 11 orang, salah satunya Direktur Marketing anak perusahaan PT Pertamina, Wedi Kamaludin.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, saat ini Pertamina sudah menonaktifkan Wedi sebagai pejabat di perusahaan pelat merah tersebut. Penonaktifan tersebut dilakukan sampai ada hasil investigasi.

"Iya di nonaktifkan sampai ada investigasi," ujar Fajar saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (21/5).

Alasan penonaktifan Wedi karena diduga terlibat politik secara langsung. Padahal selama ini sudah ada larangan bagi pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak boleh berkampanye serta tidak boleh terlibat tim badan pemenangan suatu kelompok tertentu.

"Iya pegawai BUMN memang tidak boleh berkampanye atau jadi tim atau jadi apapun itu," jelas Fajar.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam. Kabar ini dibenarkan oleh pihak Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando mengatakan, Prabowo terbang ke Brunei pada 16 Mei 2019.

"Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," kata Sam Fernando kepada Liputan6.com, Sabtu (18/5).

Dia mengatakan, Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. "Kalau dari manifest-nya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau," kata Sam.

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam Fernando.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 5 halaman

Direktur Anak Usaha Pertamina Ikut Prabowo ke Brunei, Ini Tanggapan Manajemen

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto pergi ke Brunei Darussalam pada Kamis 16 Mei 2019. Dalam manifest yang beredar, terdapat 11 orang yang menemani Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu, salah satunya dikabarkan merupakan petinggi anak usaha PT Pertamina.

Petinggi yang dimaksud adalah Wedi Kamaludin, Direktur Pemasaran PT Pertamina Trans Kontinental.

Vice President Communication PT Pertamina Fajriah Usman mengatakan jika pihaknya masih melakukan pemeriksaan perihal kabar kepergian petinggi anak usahanya tersebut. 

Kalau pun jika benar Wedi Kamaludin yang dimaksud, dipastikan kepergiannya tidak mewakili perusahaan. Bahkan perusahaan tidak mengetahui hal tersebut.

"Bukan (tidak mewakili perusahaan). Kami tidak mengetahui hal tersebut," jelas dia saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Begitupun saat dikonfirmasi jika Wedi Kamaludin merupakan orang yang sama yang menjabat di anak usaha Pertamina.

"Apabila memang Pak Wedi yang sama, benar beliau manajemen di anak perusahaan," tutur dia.

3 dari 5 halaman

Manifest Pesawat Prabowo ke Brunei Beredar, Ini Daftar Penumpangnya

Calon Presiden Prabowo Subianto pergi ke Brunei Darussalam pada Kamis 16 Mei 2019. Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadinya dari Bandara Halim Perdana Kusumah.

Dalam manifest yang beredar, Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu pergi bersama 11 orang. Salah satunya adalah mantan Ketua Umum PAN Amien Rais.

Berikut ini daftar penumpang pesawat Prabowo dalam menifest yang beredar:

1. Prabowo Subianto

2. Muhammad Harrifar Syafar

3. Mohamad Rizki Irmansyah

4. Alvano Armi Sundah Kalalo

5. SugionoWedi Kamaludin

6. Julius Indra Kurniawan

7. Julando Richard Mandey

8. Simon Aloysius Mantiri

9. Frangel Hendra Pantouw

10. Ansfuri ID Sambo

11. Amien Rais

Selain penumpang, manifest itu juga mencantumkan nama-nama awak kabinnya, yakni: 

1. Guy Stewart Platt (PIC)

2. Antonina Cieszczyk (SIC)

3. Hayley Rhianne Landon (FA)

4. Paul Brooke (EOB).

Sebelumnya, Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando membenarkan Prabowo terbang ke Brunei pada 16 Mei 2019.

"Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," kata Sam Fernando kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, Prabowo Subianto terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. "Kalau dari manifest-nya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama Beliau," kata Sam.

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam Fernando. 3

4 dari 5 halaman

Bukan Kabur

Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar membantah mantan Danjen Kopassus itu berangkat ke Brunei pada Jumat 17 Mei 2019. Ia juga menegaskan, kepergian Prabowo ke Brunei bukan untuk kabur.

"Terkait dengan pertanyaan wartawan yg konfirmasi bahwa tanggal 17/05/19 Pak @prabowo ke Brunai bahkan berkembang fitnah beliau ke LN kabur, saya menjawab bahwa tidak benar itu hoax, krn beliau pd tgl 17 mei beraktivitas di hambalang dan Kertanegara, itu foto lama yakni 16/05/19," jelas Dahnil pada akun twitternya @Dahnilanzar.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pertamina Gandeng TNI dan Polri Amankan Objek Vital Nasional
Artikel Selanjutnya
Respons Hasil Pilpres, Prabowo: Kami Akan Tempuh Upaya Hukum Konstitusional