Sukses

Kenapa Sistem Satu Arah saat Mudik Hanya Sampai Tol Brebes?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sejumlah titik di ruas tol Jakarta-Cikampek hingga Brebes untuk melihat kesiapan jalan tol dalam penerapan jalur satu arah (one way).

Liputan6.com, Jakarta -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sejumlah titik di ruas tol Jakarta-Cikampek hingga Brebes untuk melihat kesiapan jalan tol dalam penerapan jalur satu arah (one way), dua pekan sebelum arus mudik Lebaran 2019.
 
"Top isu sekarang adalah penerapan one way dari Cikarang Utama sampai Brebes. Oleh karenanya saya ajak Dirjen Perhubungan Darat, Dirut Jasamarga, dan Korlantas hari ini untuk memastikan kesiapannya seperti apa," jelas dia di Jakarta, Minggu (19/5/2019).
 
Dia juga melihat progress penutupan Gerbang Tol Cikarang Utama yang akan dialihkan ke dua titik, yakni di Gerbang Tol Cikampek Utama yang berada di kilometer 70 dan Gerbang Tol Kalihurip Utama (kilometer 67) untuk memperlancar arus mudik lebaran tahun ini.
 
Lebih lanjut, Menhub Budi berharap informasi terkait rencana pemberlakuan satu arah bagi kendaraan dari Jakarta mulai dari Cikarang hingga Brebes dapat diketahui masyarakat khususnya para pengguna jalan tol pada saat mudik.
 
"Kita merencanakan satu arah itu dari tanggal 30 Mei 2019 sampai 2 Juni 2019 untuk arus mudik, mulai dari Cikarang KM 29 sampai Brebes KM 263. Saya ingin informasi tersebut menjadi suatu pengetahuan umum bagi semua orang," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait pemilihan Gerbang Tol Brebes Barat sebagai titik akhir pemberlakuan satu arah. Itu dikarenakan Brebes menjadi titik dimana para pemudik sudah terpecah ke sejumlah daerah di Jawa Barat.
 
"Kita putuskan di Brebes Barat karena disana merupakan titik divmana sudah banyak bagian-bagian orang mudik itu yang ke Cirebon dan beberapa tempat seperti di Brebes Barat ada beberapa cabang-cabang," jelas dia.
 
Selain itu, ia juga kembali mengimbau agar masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor lantaran dinilai terlalu beresiko terhadap kecelakaan. Menhub menyebut sepeda motor menyumbang 70 persen kecelakaan.
 
"Saya mengajak agar pemudik sepeda motor mau beralih ke program mudik gratis baik yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan maupun perusahaan swasta atau BUMN lainnya," pungkas dia.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.