Sukses

Data Ekonomi AS Positif, Harga Emas Merosot

Harga emas berjangka merosot ke level terendah dalam lebih dari dua minggu.

Liputan6.com, New York - Harga emas berjangka merosot ke level terendah dalam lebih dari dua minggu. Bahkan selama sepekan, harga emas tertekan di tengah dolar AS sedikit menguat dan lonjakan sentimen konsumen AS.

Harga emas untuk pengiriman Juni di divsi Comex melemah USD 10,50 atau 0,8 persen ke posisi USD 1.275,70 per ounce. Harga menandai penyelesaian kontrak paling aktif sejak 2 Mei, berdasarkan data FactSet.  Penurunan membuat harga emas untuk kontrak teraktif merosot 0,9 persen pada pekan ini.

"Nada berisiko tidak memberikan tawaran kuat untuk emas pada Jumat pekan ini. Hal itu terutama disebabkan oleh kekuatan keseluruhan yang dilihat dari data AS pekan ini dan pandangan optimis yang dilihat pada perusahaan," ujar Analis Senior Oanda, Edward Moya, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Sabtu (18/5/2019).

Harga emas sedikit menemukan daya tarik setelah bursa saham Amerika Serikat (AS) melemah pada awal perdagangan.

Ini terjadi usai China melemparkan keraguan mengenai kemungkinan kesepakatan dapat tercapai segera.

Pemerintah China mengirim sinyal jelas ke pada Kamis dan Jumat kalau enggan untuk melanjutkan pembicaraan perdagangan dengan AS.

Juru bicara Kementerian Perdagangan menyebutkan langkah pemerintah AS menaikkan tarif pekan lalu dan ancaman tarif impor tambahan produk China sekitar USD 300 miliar per tahun tidak tersentuh oleh bea baru, "perilaku bullying" yang telah hasilkan kemunduran negosiasi yang parah.

Namun, Moya menuturkan, keyakinan masih tetap kalau kedua belah pihak pada akhirnya akan menguraikan kesepakatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Di sisi lain data ekonomi AS cukup optimistis dengan indeks sentimen konsumen Universitas Michigan pada Mei naik ke posisi 102,4 tertinggi dalam 15 tahun dari posisi April 97,2.

Indeks dolar AS menguat 0,1 persen, sedangkan selama mingguan mendaki 0,6 persen.

"Terlepas dari angka penjualan ritel AS, data ekonomi AS telah kuat dan investor merasa sulit bagaimana the Federal Reserve akan mempertahankan kebijakan moneter saat ini," tutur Naeem Aslam.

Untuk harga logam lainnya tercatat, harga perak untuk pengiriman Juli susut 1 persen atau 15,1 sen menjadi USD 14.388 per ounce. Harga tembaga merosot 0,4 persen menjadi USD 2.739 per pound. Selama sepekan telah merosot 1,3 persen.

Kemudian, harga platinum melemah USD 13,30 atau 1,6 persen ke posisi USD 820,30 per ounce pada sesi perdagangan ini. Selama sepekan turun lebih dari lima persen untuk platinum. Harga palladium susut 1,4 persen menjadi USD 1.305,80 per ounce.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas