Sukses

Mulai Beroperasi, Ini Jadwal Perjalanan Kereta Bandara Baru Yogyakarta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai mengoperasikan kereta bandara menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mulai mengoperasikan KA Bandara menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

KAI menyediakan KA Bandara Internasional Yogyakarta dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo pp. KA ini memiliki pemberhentian di 4 stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo.

"KA ini menempuh jarak 49,1 km dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit. Sesampainya di Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan Bus Damri untuk menuju Bandara Internasional Yogyakarta," kata Direktur Utama KAI Edi SUkmoro, Rabu (8/5/2019).

Dengan jarak 6 km, perjalanan dari Stasiun Wojo dapat ditempuh selama 10 hingga 12 menit.

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta, KAI memberikan tarif promo sebesar Rp15.000 untuk keberangkatan tanggal 6-9 Mei 2019.

Sesudah masa promo adapun tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta sama dengan tarif KA Solo Ekspress yaitu Rp30.000 untuk 0-66 km dan Rp40.000 untuk jarak lebih dari 66 km.

 

Saksikan video terkait di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Perjalanan

Edi menjelaskan bahwa saat ini jadwal dari KA Bandara ini masih dapat bertambah dengan menyesuikan jadwal penerbangan yang ada di Bandara Internasional Yogyakarta.

Selain itu, rute KA Bandara Internasional Yogyakarta ini juga merupakan rute sementara sambil menunggu pembangunan jalur KA dari Stasiun Kedundang menuju Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta selesai.

"Jika sudah selesai, nantinya penumpang dapat langsung turun di Bandara, tanpa perlu berpindah moda," tutup Edi.

Berikut jadwalnya :

1. Maguwo – Yogyakarta – Wates – Wojo : Berangkat Pukul 10.40 WIB, tiba pukul 11.26 WIB

2. Wojo – Wates – Yogyakarta – Maguwo : Berangkat pukul 14.04 WIB, tiba pukul 14.55 WIB

3 dari 3 halaman

Menteri Rini Sebut Kereta Jadi Keharusan Penghubung Bandara Yogyakarta

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mencoba langsung penerbangan dari Jakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo.

Dia menilai karena lokasi bandara baru jauh dari pusat kota dan bandara Adi Sutjipto Jogjakarta maka perlu transportasi darat yang menghubungkan kedua bandara itu. Transportasi kereta api salah satu pilihan penumpang dari dan menuju bandara YIA.

"Kereta api kita hubungkan juga. Kereta api menjadi keharusan juga hubungkan dengan Adi Sutjipto," ujar dia di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Adapun transportasi darat berupa bus dari Damri dan taksi bandara sudah tersedia di bandara internasional Yogyakarta.

Dia berharap ke depan Bandara Internasional Yogyakarta terus membesar. "Mengharapkan YIA ke depan bisa menjadi yang besar," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.